• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 Februari 2024

Pantura

Serah Terima 282 Hunian, Ketua PCNU Tuban Hadir di Lumajang

Serah Terima 282 Hunian, Ketua PCNU Tuban Hadir di Lumajang
Ketua PCNU Kabupaten Tuban, KH Ahmad Damanhuri (batik biru) saat menandatangani bantuan untuk penyintas bencana APG Semeru Lumajang. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)
Ketua PCNU Kabupaten Tuban, KH Ahmad Damanhuri (batik biru) saat menandatangani bantuan untuk penyintas bencana APG Semeru Lumajang. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tuban, KH Ahmad Damanhuri dan Ketua NU Care-Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Tuban, M Ida Musthofa menghadiri acara Doa Bersama dan Tabligh Akbar bersama Gus Miftah dan KH Marzuki Mustamar di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Senin (30/01/2023).


Acara tersebut digelar dalam rangka Serah Terima 282 Hunian dari PCNU se-Jawa Timur (Jatim), Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, PWNU Jawa Tengah, PWNU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji untuk penyintas bencana Awan Panas Guguran (APG) Semeru Lumajang. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gus miftah dan Ketua PCNU se-Jatim.


"Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan para masyarakat, khususnya para donatur NU Care Lazisnu se-Jatim yang telah membantu mendirikan hunian sementara untuk sebagian masyarakat Lumajang, khususnya para korban erupsi semeru ini," kata A. Afif Amrullah, Ketua NU Care-LAZISNU Jatim saat mengawali sambutannya.


Gus Afif, sapaan akrabnya menerangkan, bangunan tersebut memang hanya untuk sementara, akan tetapi bangunannya dibuat senyaman mungkin, sehingga para pengungsi merasa aman saat tinggal di sana.


"Bangunan Huntara ini jauh lebih nyaman bila dibanding berada di tempat pengungsian. Oleh karena itu hunian sementara ini diharapkan bisa menjadi sarana untuk membina kembali kehidupan rumah tangga yang telah tinggal di pengungsian selama ini,” terangnya.


Dalam beberapa bulan ke depan, Gus Afif menjanjikan akan memberikan kartu tanda NU yang berisikan saldo 200 ribu setiap bulannya yang dapat digunakan bagi penerima untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga di Toko NU sekitar dengan gratis.


Sementara Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar menambahkan, konsep bangunan huntara ini menunjukkan bangunan yang secara universal nyaman dihuni. Dengan konsep bangunan yang nyaman para penghuni mampu melakukan hubungan sosial yang baik, tetap melakukan kegiatan-kegiatan ke-NU-an. Demikian pula komunikasi yang memperlihatkan kebersamaan di antara mereka.


"Meskipun hunian saat ini berbeda dengan yang dulu, namun kegiatan-kegiatan Ke-Nu-an yang dulu pernah dilakukan seperti dibaan, manaqiban, selamatan, sholawatan dan lainnya tetap bisa dilaksanakan di kompleks hunian yang baru ini," tambahnya.


Pantura Terbaru