• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Matraman

NU Peduli Semeru

Muslimat NU Magetan Bantu Penyintas APG Semeru Alat Dapur

Muslimat NU Magetan Bantu Penyintas APG Semeru Alat Dapur
Penyerahan bantuan alat dapur oelh PC Muslimat NU Magetan kepada penyintas APG Semeru. (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)
Penyerahan bantuan alat dapur oelh PC Muslimat NU Magetan kepada penyintas APG Semeru. (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)

Lumajang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Magetan memberikan bantuan peralatan dapur kepada warga penyintas awan guguran panas (APG) Gunung Semeru. Penyerahan dilakukan langsung oleh Ketua Muslimat NU Magetan Nyai Isnaini Nu’amah dan ditemani Ketua Muslimat NU Lumajang Nyai Tutuk Fajriatul Mustofiah, Ahad (06/02/2022).

 

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pihak terkait kepada sesame yang tertimpa musibah. Selain itu, diharapkan pula dapat menggerakkan empati elemen lain dalam membantu warga terdampak.

 

“Saudara-saudara dari Magetan yang sejak awal mendengar adanya musibah erupsi Gunung Semeru langsung tergerak. Seperti yang dilakukan hari ini kami memberi bantuan pada warga di Dusun Kampung Renteng,” ungkap Ketua Muslimat NU Magetan Nyai Isnaini Nu’amah.

 

Ia menambahkan, bantuan tersebut hanya seadanya, karenanya ia berharap tidak dilihat dari segi harganya namun dari semangatnya. Pihaknya juga memberikan pendampingan psikis dengan berdoa dan bershalawat agar warga penyintas APG Semeru bangkit kembali.

 

“Kami mulanya hanya bisa berdoa dan menangis dari jauh. Dan hari ini kami lega bisa membantu secara langsung di lokasi bencana. Semoga dengan doa dan shalawat tadi bisa memberikan kemudahan terhadap warga terdampak,” katanya.

 

Sementara Ketua PC Muslimat NU Lumajang, Nyai Tutuk Fajriatul Mustofiah menyampaikan, bahwa bantuan peralatan dapur yang diberikan dalam kesempatan ini berupa wajan/dandang, panci, bak mandi.

 

“Sebanyak 300 paket alat dapur tersebut diberikan kepada penyintas APG Semeru yang berada di Kampung Renteng, Kamar Kajang, dan Dusun Bondeli Utara, yang terletak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang,” ungkapnya.

 

Selain itu, ada pula bantuan dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Kecamatan Jetis, Mojokerto. Bantuan tersebut berupa pendirian dua unit Hunian Sementara (Huntara) serta donasi sejumlah uang untuk renovasi mushala yang roboh di Kecamatan Candipuro, Lumajang.

 

Untuk itu, pihaknya pun berterima kasih kepada para donatur dari Magetan dan Mojokerto atas bantuan yang diberikan. Ia berharap peristiwa tersebut bisa diambil hikmahnya sebagai bekal di kehidupan selanjutnya.

 

“Semoga Lumajang bisa lebih baik lagi, ibadahnya masyarakat setempat bisa lebih baik lagi, serta para penyintas APG Semeru bisa segera pulih,” tandasnya.


Matraman Terbaru