• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 26 Mei 2022

Pantura

PCNU Tuban Gelar Sensus Kartanu

PCNU Tuban Gelar Sensus Kartanu
Foto Pengambilan Gambar Warga NU di Aula PCNU Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul)
Foto Pengambilan Gambar Warga NU di Aula PCNU Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul)

Tuban, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tuban menggelar sensus Kartu Tanda Anggota Nahdlatul Ulama (Karta NU) bagi para nahdliyin. Sensus tersebut bakal digelar selama lima bulan sejak November 2021 ini.

 

‘’Kita awali November ini dengan sensus bagi pengurus NU, banom dan lembaga-lembaga di tingkat cabang,’’ ujar Sekretaris PCNU Kabupaten Tuban Wiwid Agung Wibowo, Senin (08/11).

 

Pendataan sekaligus pemotretan untuk keperluan karta NU bagi pengurus cabang NU, banom dan lembaganya sudah digelar Ahad (07/11) di kantor PCNU Jalan Diponegoro Tuban. Dalam pendataan tersebut, Ketua PCNU Tuban KH Mustain Syukur serta dan pengurus harian PCNU Tuban lainnya juga turut serta.

 

Sejumlah ketua banom juga hadir, misalnya Ketua GP Ansor Ahmad Ja’far Ali, pengurus Fatayat NU dan IPNU dan IPPNU. Ketua lembaga juga hadir di antaranya Ketua LP Ma’arif NU Nur Khamid, Ketua LTN NU, LDNU, Sarbumusi, PMII dan lainnya.

 

‘’Pendataan ini sangat penting, kaitannya dengan database. Sehingga, ketika kita mengatakan jumlah warga NU itu banyak, ada data valid dan bisa dipertanggung jawabkan,’’ tambahnya.

 

Selain itu, ketika jumlah warga NU diketahui secara pasti, ketika ada program yang menyasar warga NU, bisa dipastikan alokasinya dan sasarannya pastinya. Karena sampai saat ini, klaim bahwa warga NU tersebut banyak sekali, namun data valid yang bisa dipertanggung jawabkan beluma ada.

 

‘’Tidak bisa dibiarkan seperti itu terus. Saya misanya, ditanya berapa jumlah pengurus PCNU, saya bisa jawab dengan kira-kira sekian ratus. Namun, ketika ditanya siapa saja, saya kesulitan menjawab,’’ ungkapnya.

 

Teknis sensus, lanjut pria yang juga pengusaha ini, ada tim khusus dari PCNU yang akan turun ke kecamatan-kecamatan selama lima bulan tersebut. Setiap satu bulan, empat kecamatan didatangi. Sehingga, selama 5 bulan tersebut 20 kecamatan di Tuban tercover semua.

 

‘’Targetnya, kita bisa menjaring 600 ribu anggota. Selama ini juga sudah ada pendataan secara online, kita tinggal sinkronkan saja datanya dengan pendataan manual ini,’’ tandasnya.

 

Adapun Jadwal Pelaksanaan Sensus KartaNU PCNU Tuban (Nopember 2021- Maret 2022)

Bulan November 2021

1. MWCNU Singgahan

2. MWCNU Jenu

3. MWCNU Plumpang

4. MWCNU Merakurak

 

Bulan Desember 2021

1. MWCNU Montong

2. MWCNU Rengel

3. MWCNU Bangilan

4. MWCNU Tambakboyo

 

Bulan Januari 2022

1. MWCNU Kerek

2. MWCNU Widang

3. MWCNU Senori

4. MWCNU Bancar

 

Bulan Februari 2022

1. MWCNU Palang

2. MWCNU Semanding

3. MWCNU Parengan

4. MWCNU Jatirogo

 

Bulan Maret 2022

1. MWCNU Tuban

2. MWCNU Grabagan

3. MWCNU Soko 

4. MWCNU Kenduruan

 


Pantura Terbaru