• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Pantura

Ribuan Siswa di Tuban Ikuti Ma’arif Competition

Ribuan Siswa di Tuban Ikuti Ma’arif Competition
Suasana perlombaan Ma'arif Competition. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)
Suasana perlombaan Ma'arif Competition. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Sebanyak 1.114 siswa sekolah dan madrasah jenjang SD, MI, SMP dan dan MTs di bawah nuangan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tuban mengikuti Ma’arif Competition (MC) VI yang digelar serentak, Sabtu (06/11).

 

Kegiatan MC dilaksanakan secara daring karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Para peserta mengerjakan soal ujian dengan menggunakan aplikasi yang sudah disediakan panitia. Sementara panitia MC memantau dan mengendalikan server dari ruang laboratorium komputer di SMK YPM Tuban di Jalan Manunggal Tuban.

 

Muthorib, Ketua panitia MC VI mengatakan, kegiatan ini hanya dipertandingkan dua lomba. Yakni lomba mata pelajaran dan paduan suara.

 

"Seharusnya untuk lomba mata pelajaran ini dilakukan secara bersamaan di satu tempat. Karena tidak memungkinkan, sehingga dilaksanakan secara daring," ujarnya.

 

Muthorib menambahkan, untuk lomba mapel dalam MC VI ini diikuti sebanyak 1.114 peserta yang dibagi dengan dua jenjang. Untuk jenjang SD dan MI mengerjakan soal mapel umum dan ke-NU-an atau aswaja. Sedang untuk jenjang SMP dan MTs mengerjakan mapel yang ikut ujian nasional (UN) ditambah aswaja atau ke-NU-an.

 

"Soal dikerjakan masing-masing peserta dari kecamatan, lalu dikirim ke panitia induk di kabupaten. Juara atau peraih nilai tertinggi dari masing-masing kecamatan di masing-masing mapel akan diadu lagi ke tingkat kabupaten," tambahnya.

 

Peserta hanya mengirimkan link channel videonya pada panitia untuk keperluan penilaian. Sedangkan peserta lomba paduan suara cukup membuat video dengan materi lomba yang sudah ditentukan panitia, kemudian di upload di channel masing-masing lembaga peserta lomba.

 

"Paduan suara diikuti 95 peserta dari semua jenjang, mulai SD, MI, MTs, SMA, MA dan SMK," katanya.

 

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang (PC) LP Maa’rif Kabupaten Tuban Nur Khamid menambahkan, saat ini lembaga yang dia pimpin membawahi 325 lembaga mulai SD, MI, SMP, MTs maupun MA, SMA dan SMK.

 

Sesuai lembaga yang mengurus badan hukum perkumpulan NU (BHPNU) jumlah lembaga yang di bawah naunagan Ma’arif adalah SD 1 lembaga, MI 192 lembaga, MTs 75 lembaga, SMP 13 lembaga, MA 29 lembaga, SMA 6 lembaga dan  SMK 9 lembaga.

 

"Ma’arif competition ini untuk menumbuh kembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa, meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kretifitas, dan kerja keras untuk mengusai ilmu pengetahuan dan agama," jelasnya.

 

 

Kegiatan MC ini dimulai sejak awal Oktober sampai dengan November. Dan untuk penyerahan hadiah para pemenang akan dilaksanakan pada 13 November besok.


Editor:

Pantura Terbaru