• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 22 Mei 2022

Parlemen

Ketua F-PKB Minta Pemprov Jatim Fasilitasi Pendidikan Perminyakan di Tuban

Ketua F-PKB Minta Pemprov Jatim Fasilitasi Pendidikan Perminyakan di Tuban
Ketua F-PKB DPRD Jatim Fauzan Fuadi saat Reses III di kantor PCNU Tuban, Selasa (02/11). (Foto: NOJ/A Thoriq A)
Ketua F-PKB DPRD Jatim Fauzan Fuadi saat Reses III di kantor PCNU Tuban, Selasa (02/11). (Foto: NOJ/A Thoriq A)

Tuban, NU Online Jatim

Pembangunan kilang minyak oleh PT Pertamina Risneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) di Kabupaten Tuban menjadi prospek besar bagi masyarakat sekitar. Karena itu, Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur Fauzan Fuadi berharap Pemprov Jatim memfasilitasi adanya pendidikan perminyakan di Tuban agar masyarakat sekitar siap menangkap peluang tersebut.

 

Mas Fu, sapaan akrab Fauzan Fuadi, mengatakan, program strategis nasional yang diharapkan mendukung program kemandirian energi tersebut nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup yang sejahtera. Artinya, proyek garapan PRPP ini akan berefek domino bagi kesejahteraan masyarakat banyak.

 

"Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan peluang itu, dan tujuan akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Mas Fu saat melakukan reses III Tahun 2021 di gedung pertemuan PCNU Tuban, Selasa (02/11/21).

 

Anggota dewan dari daerah pilihan (Dapil) Tuban-Bojonegoro itu menuturkan, tidak hanya untuk kilang minyak di Tuban, ia berharap efek positif bagi masyarakat juga dilakukan oleh perusahaan investasi lainnya,  demi mengangkat kualitas hidup orang banyak. Tentunya dengan memanfaatkan sumber daya lokal, seperti kebutuhan tenaga kerja, akomodasi dan kebutuhan lainnya, tanpa mengambil dari daerah lain.

 

"Sehingga nantinya warga tidak menjadi penonton, namun ikut terlibat. Di Bojonegoro dengan Blok Cepu dan Gresik dengan JIPPE nya bisa, di Tuban saya yakin juga bisa melibatkan potensi lokal," ujarnya.

 

Bendahara DPW PKB Jatim ini mengatakan, untuk meningkatkan kualitas skil kompetensi masyarakat lokal, butuh peran serta pemerintah.

 

Oleh karenanya, ia meminta Pemerintah Provinsi Jatim agar memberikan fasilitas yang memadai demi terciptanya SDM unggul yang nantinya dapat memberikan kontribusi ke program kilang minyak Tuban ini.

 

Untuk saat ini, ia menuturkan sudah ada SMK di Tuban yang fokus pada pembelajaran terkait perminyakan. Namun SMK ini masih belum memadai terkait sarana dan prasarananya,  seperti ketersediaan ruang kelas dan semacamnya. Oleh karenanya, pihaknya meminta Pemprov Jatim bergerak cepat dam memfasilitasi sekolah tersebut.

 

"Saat ini, di Tuban sudah ada SMK Perminyakan. Sudah 2 angkatan, kelas 1 dan 2. Sayangnya, menjelang pendaftaran untuk kelas baru tahun mendatang, jumlah lokal belum terpenuhi. Mana mungkin kelas 1, 2, dan 3 dengan jumlah lokal cuman 2 saja? Pemprov Jawa Timur harus bergerak cepat untuk menyiapkan lokal tambahan karena memang sekarang wewenang ada di Provinsi," ujarnya.


Parlemen Terbaru