• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 28 Juni 2022

Parlemen

Anggota DPRD Jatim Minta Generasi Muda Jaga NKRI di Era Digital

Anggota DPRD Jatim Minta Generasi Muda Jaga NKRI di Era Digital
Kholiq, anggota DPRD Jatim dari Fraksi PKB, melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan di Trenggalek. (Foto: NOJ/A Toriq A)
Kholiq, anggota DPRD Jatim dari Fraksi PKB, melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan di Trenggalek. (Foto: NOJ/A Toriq A)

Trenggalek, NU Online Jatim

Anggota DPRD Jawa Timur Kholiq menggelar kegiatan sosialisasi bertema Wawasan Kebangsaan di kantor DPC PKB Trenggalek pada Sabtu (27/11/2021). Diikuti sekitar 150 peserta, sosialisasi dari anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa itu berlangsung sesuai protokol kesehetan.

 

Kholiq menjelaskan bahwa setiap tahunnya anggota DPR mempunyai hak untuk melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan. Termasuk juga sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah atau Peraturan Daerah.

 

Sedangkan sosialisasi yang digelar kali ini lebih mengedepankan pemahaman untuk memperkuat wawasan dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan. Tujuannya untuk mengajak semua masyarakat memahami apa itu wawasan kebangsaan.

 

“Wawasan kebangsaan ini sangat penting untuk dikuatkan kepada semua masyarakat, terutama anak muda sebagai generasi penerus bangsa,” ucap Kholiq.

 

Ia menambahkan, wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mulai diri sendiri dan lingkungannya untuk mementingkan persatuan dan kesatuan wilayah.

 

Terutama dengan cara mengamalkan dan mempertahankan Pancasila serta Undang-undang Dasar 1945 sebagai pedoman. Jika itu sudah diamalkan, akan terbangun persatuan dan kesatuan sehingga akan semakin mencintai bangsa dan negara dengan memelihara dan mempertahankan NKRI.

 

“Alhasil, situasi akan menjadi kondusif dalam pelaksanaan penataan pemerintah. Semakin memahami, maka akan juga menyadari bahwa kepentingan persatuan dan kesatuan harus di atas kepentingan pribadi dan golongan,” tuturnya.

 

Ketua DPC PKB Trenggalek tersebut juga berpesan kepada anak muda sebagai generasi penerus bangsa bahwa sangat penting untuk memahami wawasan kebangsaan, apalagi di era globalisasi seperti saat ini.

 

Lanjut Kholiq, dengan sistem informasi yang modern jangan sampai melunturkan rasa nasionalis anak muda. Intinya, dengan adanya sosialisasi wawasan kebangsaan ini, masyarakat sadar akan pentingnya kesatuan dan kesatuan serta timbul rasa mementingkan persatuan dan kesatuan diatas pribadi dan golongan.

 

“Dari mengerti dan memahami pentingnya wawasan kebangsaan dan pengamalan Pancasila, masyarakat bisa menjaga agar pedoman ini tidak tergerus dengan perubahan budaya dan zaman,” ujarnya.


Parlemen Terbaru