• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 18 Mei 2022

Parlemen

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Apresiasi Solusi terkait UMK

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Apresiasi Solusi terkait UMK
Wakil Ketua Komisi E DPRD, Hikmah Bafaqih. (Foto: NOJ/st)
Wakil Ketua Komisi E DPRD, Hikmah Bafaqih. (Foto: NOJ/st)

Surabaya, NU Online Jatim
Berbagai kelompok pekerja akhir-akhir marak menggelar aksi demo di berbagai daerah di Indonesia. Tidak terkecuali di Jawa Timur. 

 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Khofifah Indar Parawansa memberi kesempatan untuk mendengar aspirasi para pekerja. Bahkan dirinya memfasilitasi para perwakilan kelompok pekerja tersebut untuk bertemu Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziah.

 

Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Hj Hikmah Bafaqih mengapresiasi langkah Gubernur Jawa Timur tersebut. Menurutnya, ini adalah tindakan tepat merealisasikan aspirasi rakyat.

 

“Kemelut yang selama ini dikeluhkan para pekerja, akhirnya mendapatkan hasil yang diinginkan mereka,” katanya, Kamis (26/11/2020).

 

Politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa ini mengungkapkan bahwa, semua aspirasi terkait Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) sudah disampaikan dan akan dikaji oleh pihak-pihak terkait.

 

“Semua aspirasi tentang UMK sudah dicatat, lalu akan dikaji oleh Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Jawa Timur. Dan selanjutnya difinalkan oleh Dewan Pengupahan Jawa Timur,” ujarnya.

 

Hikmah menambahkan, bahwa besaran UMK yang disepakati sudah melalui pertimbangan panjang.

 

“UMK yang sudah disepakati di kabupaten atau kota tentu sudah melewati alur dan proses yang sangat matang. Juga mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk pandemi Covid-19,” terangnya.

 

Mantan Ketua Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur ini berharap, keputusan yang ditetapkan dapat diterima dengan lapang dada oleh semua pihak.

 

“Kami berharap, keputusan ini dapat diterima oleh semua pihak. Dan ada upaya serius dari pemerintah untuk menangani masalah-masalah dari dampak Covid-19,” pungkasnya.


Editor:

Parlemen Terbaru