• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Pemerintahan

Bupati Bangkalan: UMKM Jadi Ujung Tombak Pemulihan Ekonomi saat Pandemi

Bupati Bangkalan: UMKM Jadi Ujung Tombak Pemulihan Ekonomi saat Pandemi
Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron. (Foto: NOJ/pemkabbangkalan)
Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron. (Foto: NOJ/pemkabbangkalan)

Bangkalan, NU Online Jatim

Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bangkalan terus menjadi perhatian serius. Hal ini dikarenakan UMKM adalah sektor yang tepat sebagai upaya pemulihan ekonomi.

 

“Hari ini kita punya tantangan untuk menumbuhkan kembali perekonomian, sementara itu UMKM adalah sektor yang paling potensial untuk memulihkan ekonomi,” kata Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron, Rabu (18/08/2021).

 

Menurut pria yang akrab disapa Ra Latif itu, pemerintah salah satunya telah melakukan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk memulihkan UMKM di masa pandemi Covid-19.

 

“Pemerintah terus mendorong program PEN agar masyarakat dapat produktif dan UMKM kembali berdaya. Sehingga peran UMKM dalam pemulihan ekonomi semakin besar,” ungkapnya.

 

Selain pemberdayaan di sektor UMKM, Bupati Bangkalan menjelaskan bahwa pemerintah akan mengoptimalkan kembali Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Hal ini dikarenakan pemulihan ekonomi harus dimulai dari tingkat pusat hingga desa.

 

“Untuk menghidupkan peran Bumdes, pemerintah akan merancang beberapa program kegiatan seperti mengadakan pelatihan hingga memberikan bantuan modal. Sehingga masyarakat di tengah pandemi ini bisa mengikutinya,” jelasnya.

 

Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Bangkalan, jumlah UMKM di Kabupaten Bangkalan pada tahun 2021 sebanyak 22.500. Sementara jumlah Bumdes yang aktif hanya 21 dari 273.


Pemerintahan Terbaru