• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Pemerintahan

Bupati Bangkalan akan Wajibkan ASN Berzakat Lewat Baznas

Bupati Bangkalan akan Wajibkan ASN Berzakat Lewat Baznas
Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron saat melantik pengurus Baznas setempat. (Foto: Humas Pemkab Bangkalan)
Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron saat melantik pengurus Baznas setempat. (Foto: Humas Pemkab Bangkalan)

Bangkalan, NU Online Jatim

Tahun depan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan wajib membayar pajak di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Hal itu diungkapkan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron atau Ra Latif usai melantik jajaran pengurus Baznas Kabupaten Bangkalan di Pendopo Agung Kabupaten Bangkalan, Senin (29/11/2021).

 

Ra Latif mengatakan, gaji para ASN harus disisihkan sebesar 2,5 persen tiap bulannya untuk zakat di Baznas. Aturan tersebut merupakan instruksi wajib dari pimpinan nomer satu di Bangkalan tersebut.

 

"Kami akan meminta ASN wajib pajak melalui Baznas ini. Penyaluran nanti harus tepat juga dan ada koordinasi dari instansi terkait yang akan disalurkan agar bisa amanah untuk diberikan kepada yang membutuhkan," katanya.

 

Pihaknya juga berpesan agar Baznas dapat meningkatkan kinerjanya. Sebab, ada amanah dari para ASN sebesar 2,5 persen dari gajinya untuk diperuntukkan sebagaimana mestinya.

 

Pihaknya juga akan mendorong Baznas bisa memaksimalkan tugas baru untuk melakukan pengelolaan gaji para ASN. Dalam hal ini yakni menumbuhkan kesadaran zakat dan memaksimalkan pengelolaan zakat untuk bersama pemerintah mensukseskan program pengentasan dan pemberdayaan masyarakat miskin.

 

"Penyalurannya nanti harus benar-benar dimaksimalkan kepada masyarakat yang membutuhkan," pesannya. (eko/igo)


Pemerintahan Terbaru