• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pemerintahan

Advertorial

Plt Bupati Nganjuk Ingatkan Warga Syukuri Nikmat melalui Bersih Desa

Plt Bupati Nganjuk Ingatkan Warga Syukuri Nikmat melalui Bersih Desa
Marhaen Djumadi, Plt Bupati Nganjuk saat menghadiri Sedekah Desa di Desa Pce Kulon. (Foto: Dinas Kominfo Nganjuk)
Marhaen Djumadi, Plt Bupati Nganjuk saat menghadiri Sedekah Desa di Desa Pce Kulon. (Foto: Dinas Kominfo Nganjuk)

Nganjuk, NU Online Jatim

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi menghadiri sedekah bumi atau bersih desa di Desa Pace Kulon, Kecamatan Pace, Jumat (19/08/2022). Dalam kesempatan itu, Marhaen mengingatkan bahwa sedekah bumi merupakan bagian dari wujud syukur atas nikmat yang sudah diberikan Allah SWT.


Sedekah bumi dengan cara kirap tumpeng dan doa bersama ini dilaksanakan di makam leluhur. Adapun tumpeng diarak oleh warga dari Balai Desa Pace Kulon menuju Makam Sentono Kocek di Pace Kulon.


“Wujud syukur kita bersama untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para nenek moyang pendahulu kita yang telah babat alas di Wialayah Pace Kulon ini,” kata Marhaen.


Ia mengajak masyarakat Pace Kulon untuk bersama-sama mendoakan para leluhur atau nenek moyang mereka. Dengan harapan warga masyarakat akan selalu guyup, rukun, aman dan terkendali.


“Saya ucapakan selamat dan sukses kepada semuanya yang hari ini melaksanakan kirap tumpeng, semoga diberikan kelancaran dari awal berangkat sampai tujuan,” pungkas Kang Marhaen.


Kirap tumpeng dan bersih desa ini juga dinilai mampu menumbuhkan sikap kebersamaan serta meningkatkan gotong-royong bagi masyarakat.


Terpisah, Pranyoto Hadi selaku Pj Kepala Desa Pace Kulon manyampaikan terima kasih dan rasa syukurnya kepada seluruh masyarakat yang hadir mengikuti acara bersih desa. “Semoga desa Pacekulon tambah ayem, tambah tentrem dan dijauhkan dari segala mara bahaya,” katanya.


Ia menjelaskan, bersih desa yang dilaksanakan merupakan wujud syukur kepada para pendahulu. Atas perjuangan para leluhurnya dahulu. Bersusah payah babad alas Desa Pacekulon.


"Untuk itu kita sebagai penerus wajib memelihara dan melestarikan apa yang telah di berikan oleh sesepuh kita kepada kita semuanya,” ungkapnya.


Adapun Marhaen hadir bersama dengan Wakil Ketua 1 TP PKK Kabupaten Nganjuk Yuni Marhaen. Selain itu ada pula Camat Pace Ida shobihatin, Forkopimcam Kecamatan Pace, serta perangkat desa setempat.


Editor:

Pemerintahan Terbaru