• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Pendidikan

Dekan FITK UIN Malang Bahas Kelanjutan Program Magang di DPR RI

Dekan FITK UIN Malang Bahas Kelanjutan Program Magang di DPR RI
Para mahasiswa FITK UIN Malang yang magang di DPR RI dan pusat Diklat Sekretariat Jenderal DPR RI. (Foto: NOJ/Humas)
Para mahasiswa FITK UIN Malang yang magang di DPR RI dan pusat Diklat Sekretariat Jenderal DPR RI. (Foto: NOJ/Humas)

Malang, NU Online Jatim
Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang kini mendapat opsi lebih tepat untuk magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Gus Muhaimin Iskandar saat menerima kunjungan Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Malang, Prof. Dr. H. Nur Ali bersama jajaran, Kamis (01/09/2022).


"Saat ini sudah ada 190 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang akan melakukan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di DPR RI.  Namun, belum ada dari UIN Malang, semoga ke depannya mahasiswa UIN Malang bisa bergabung dalam program MBKM. Kami senang jika banyak mahasiswa yang belajar di DPR RI," kata Gus Muhaimin Iskandar.


Sementara itu, Dekan FITK UIN Malang, Prof. Dr. H. Nur Ali menyampaikan, agenda kunjungan ini selain menarik mahasiswa magang Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang telah menyelesaikan program magang di sekretariat jenderal DPR RI selama tiga bulan. Pihaknya juga membicarakan kelanjutan kerja sama antara FITK UIN Malang dengan DPR RI terkait program MBKM, yang salah satu bentuk kegiatannya adalah Magang.


"Kami (FITK UIN Malang) memiliki mata kuliah magang di Prodi MPI. Sedangkan, di Prodi lainnya menjadi program magang,” ucapnya.


Program magang ini adalah salah satu wujud dari literasi sosial, dimana mahasiswa tidak hanya meningkatkan kemampuan akademiknya saja, tetapi bagaimana mereka bisa mengasah jiwa kepekaan terhadap situasi sosial.


“Dengan magang di DPR RI, harapannya mereka dapat melihat langsung bagaimana proses perumusan kebijakan-kebijakan, mulai dari need assessment, mind mapping, dan lainnya," paparnya kepada NU Online Jatim, Jum'at (02/09/2022).


Dijelaskan, program magang di DPR RI sudah di mulai sejak tahun 2016 saat dirinya menjabat sebagai Dekan FITK UIN Malang periode 2013-2017. Sedangkan tahun ini (2022), dikembangkan dengan menyelaraskan kebijakan pendidikan tentang MBKM, termasuk juga sudah dilaksanakan magang di Kementerian Agama (Kemenag) RI, Kemenag Kota atau Kabupaten, serta Pemerintah Daerah.


“Selain itu, mahasiswa tentunya juga melakukan magang di madrasah atau sekolah," terang Ketua LP Ma'arif NU Kota Malang tersebut.


Selanjutnya, mahasiswa FITK UIN Malang akan dikembangkan untuk melakukan magang di berbagai lembaga seperti halnya Kominfo, Balitbang, dan lembaga yang lain. Pihaknya berharap, mahasiswa dengan melakukan program magang ini dapat memahami perkembangan kebutuhan masyarakat dan dinamika dunia kerja. Sehingga mereka dapat menambah pengetahuannya tentang perkembangan literasi digital dan literasi sosial.


“Di samping literasi membaca fenomena di lapangan kerja dan masyarakat," pungkas alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang tersebut.


Sebagai informasi, kunjungan jajaran FITK UIN Malang ini juga disambut oleh M. Hasanuddin Wahid, Anggota DPR RI Komisi X yang juga alumni UIN Malang.


Pendidikan Terbaru