• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Pendidikan

Enam Dosen Unusa Gelar Pelatihan ‘Bobat Therapy’ Cegah Stroke Sejak Dini

Enam Dosen Unusa Gelar Pelatihan ‘Bobat Therapy’ Cegah Stroke Sejak Dini
Pelatihan ‘Bobat Therapy’ oleh enam dosen Unusa. (Foto: NOJ/humas)
Pelatihan ‘Bobat Therapy’ oleh enam dosen Unusa. (Foto: NOJ/humas)

Surabaya, NU Online Jatim
Enam Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar pelatihan Bobath Therapy sebagai upaya pencegahan stroke secara dini yang diikuti lanjut usia (lansia) warga Kelurahan Wonokromo. Langkah ini sebagai salah satu pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen sebagai pencegahan penyakit stroke dengan cara tersebut.


Enam dosen Unusa tersebut antara lain Imamatul Faizah,S.Kep.,Ns.,M.Tr.Kep, Niken Adiba Nadya,M.D.,Ph.D, dr.Dyah Yuniati,Sp.S, Ratna Yunita Sari,S.Kep.,Ns.,M.Tr.Kep, Yanis Kartini,S.KM.,M.Kep dan Dr. Abdul Muhith,S.Kep.,Ns.,M.Tr.Kep yang langsung memberikan pelatihan tersebut kepada warga.


Salah satu Dosen Unusa, Imamatul Faizah,S.Kep.,Ns.,M.Tr.Kep mengatakan, bobath adalah jenis perawatan fisioterapi yang bertujuan untuk meningkatkan pergerakan dan mobilitas pada pasien dengan kerusakan sistem saraf pusat, seperti pada pasien pengidap stroke. Hipertensi merupakan faktor resiko stroke yang potensial yang dapat menyebabkan pecahnya atau menyempitnya pembuluh darah otak.


“Apabila pembuluh darah otak pecah, maka timbul perdarahan otak, dan apabila pembuluh darah otak menyempit maka aliran darah ke otak akan terganggu dan sel-sel otak akan mengalami kematian,” ujarnya.


Menurutnya, latihan fisik pada penderita hipertensi perlu diberikan untuk mengatasi dan mengendalikan kejadian stroke. Kemampuan dalam ambulasi disertai dengan perbaikan fungsi kognitif merupakan prioritas utama yang ingin dicapai dalam mencegah stroke.


Aktivitas fisik Bobath therapy yang berguna untuk peningkatan fungsi hemodinamik dalam meningkatkan aktivitas neural yang menghasilkan Nitric Oxide sebagi fase relaksasi pembuluh darah, sehingga kejadian stroke dapat dicegah.


“Tentunya kegiatan ini harus berlangsung secara berkelanjutan melalui kader kesehatan, sehingga target pencegahan stroke terpenuhi,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru