• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 3 Mei 2024

Pendidikan

FEB Unisma Dorong Mahasiswa Tingkatkan Digital Marketing

FEB Unisma Dorong Mahasiswa Tingkatkan Digital Marketing
Suasana Opening Competency Test Digital Marketing di Unisma. (Foto: NOJ/tugumalang)
Suasana Opening Competency Test Digital Marketing di Unisma. (Foto: NOJ/tugumalang)

Malang, NU Online Jatim

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (FEB Unisma) menggelar Opening Competency Test Digital Marketing Scheme bertajuk ‘The Future of Digital Marketing: Prediction and Beyond’ pada Oktober 2023.


Kegiatan itu bekerja sama dengan LSP Digital Marketing Indonesia dengan menghadirkan Ketua Komite Skema LSP Digital Marketing Indonesia, Rudianto S.Kom sebagai narasumber.


Dekan FEB Unisma, Nur Diana SE MSi mengatakan, hal tersebut tentunya menjadi kegiatan untuk terus mendorong peningkatan kompetensi para lulusan dari FEB Unisma. Selain itu, rangkaian kegiatan digital marketing ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antara kebutuhan kompetensi lulusan dengan harapan industri.


“FEB Unisma telah bekerja sama dengan Asosiasi Digital Marketing Indonesia di tahun 2020, tentu hal ini bagaimana kurikulum yang akan diterapkan kepada perkuliahan, baik di semester gasal ini akan berjalan dengan baik, terutama bagaimana kita akan meng-update konten pembelajaran,” ujarnya.


Menurutnya, kebutuhan era revolusi industri 4.0 dengan adanya dukungan teknologi, apalagi pengguna internet di Indonesia hampir 70 persen. Mau tidak mau dunia industri harus turun tangan dan ikut andil dalam mengembangkan kurikulum.


“Tak luput juga aktivitas marketing yang dapat diintegrasikan secara global dengan memakai pemasaran digital dapat menjangkau target konsumen pada seluruh platform online, melalui situs web, email, SMS, dan MMS, media awam, dan software,” terangnya.


Ia menjelaskan, hasil survei World Economics Forum 2022 bertajuk ‘The Future Jobs’ menunjukkan bahwa profesi digital marketing merupakan salah satu dari 10 profesi paling dicari. 


Karena itu, mahasiswa FEB Unisma saat lulus harapannya menjadi seorang sarjana yang tidak hanya berpikir untuk memperebutkan pekerjaan di dunia industri, tetapi harus berpikir membuka lapangan pekerjaan baru untuk membangun perekonomian bangsa, terlebih lagi di era digitalisasi.


“Ilmu dan skill yang Anda dapat selama menjalani proses pendidikan digital marketing dan akumulasi pengalaman menjadi bekal berharga untuk menempuh perjalanan hidup ke depan sebagai sarjana,” paparnya.


Sementara itu, Asosiasi Digital Marketing Indonesia, Agusti Aleandra memberikan materi tentang kebutuhan kompetensi digital marketing di dalam Job Market. Para peserta akan menjalani ujian sertifikasi kompetensi digital marketing yang dilaksanakan atas kerja sama FEB Unisma dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Digital Marketing Indonesia (BNSP). 


“Kelulusan ujian sertifikasi ini akan menjadikan mahasiswa memiliki modal besar dalam menghadapi persaingan setelah lulus kuliah,” ungkapnya.


Sementara Narasumber kali ini Rudianto menambahkan, ada beberapa hal sederhana di dalam kurikulum, yakni industri, praktik, hingga pendampingan, karena digital marketing terus berkembang.


Pendidikan Terbaru