KSM Unisma Bantu Paguyuban Warga Pasarkan Produk Olahan Susu
Selasa, 24 September 2024 | 15:00 WIB

Mahasiswa KSM Tematik Unisma saat membantu memasarkan produk olahan susu warga Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/ Humas Unisma)
Risma Savhira
Kontributor
Malang, NU Online Jatim
Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, selama ini dikenal dengan potensi pertanian dan peternakan yang melimpah, terutama dalam produksi susu sapi. Meskipun memiliki kualitas yang baik, banyak produk susu lokal yang belum mendapatkan perhatian maksimal di pasar sekitar.
Dalam upaya meningkatkan penjualan produk susu, Paguyuban Warga Ngroto (Gran) bersama mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik Kelompok 08 Universitas Islam Malang (Unisma) meluncurkan program optimalisasi strategi pemasaran. Program ini diharapkan dapat membantu para peternak susu lokal dalam menghadapi tantangan pasar dan meningkatkan daya saing produk mereka.
Mahasiswa KSM Tematik Kelompok 08 Unisma juga membantu memasarkan produk susu olahan ke beberapa toko di sekitar Desa Ngroto. Selain membantu pemasaran secara offline, mahasiswa juga membantu pemasaran secara online.
Strategi Pemasaran yang akan diterapkan adalah memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram dan GoFood untuk mempromosikan produk mereka. Selain strategi pemasaran, fokus pada peningkatan kualitas produk juga menjadi perhatian utama. Dengan memastikan produk susu yang dihasilkan berkualitas tinggi, konsumen akan lebih loyal dan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain.
Kegiatan selanjutnya adalah praktik membuat akun media sosial sebagai sarana pemasaran, yaitu pada media sosial Instagram. Tim KSM Kelompok 08 membantu membuat akun media sosial berupa instagram @hillside.milk yang berguna untuk meningkatkan hasil produksi supaya dikenal lebih luas oleh kalangan masyarakat. Selain itu, juga memberikan pemahaman bagaimana memasarkan produk di media sosial.
“Dengan adanya kegiatan seperti ini sudah membuka pikiran bahwa pasar penjualan sangat luas dan sangat berguna bagi kalangan pelaku usaha, karena target pasarnya lebih luas tidak hanya masyarakat di Desa Ngroto saja,” ungkap Mas Denda, salah satu anggota paguyuban warga Ngroto.
Dengan penerapan strategi pemasaran yang lebih baik, diharapkan penjualan produk susu dari UMKM di Desa Ngroto Pujon dapat meningkat secara signifikan. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dan meningkatkan kesejahteraan peternak susu.
Kesadaran tentang pentingnya pemasaran yang efektif menjadi kunci untuk mengoptimalkan potensi yang ada di Desa Ngroto Pujon. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan produk susu lokal bisa bersaing di pasar yang lebih luas dan berkelanjutan.
Terpopuler
1
Seleksi Ansor Magang Jepang 2025 Dibuka, Simak Ketentuannya
2
3 Keistimewaan Bulan Muharram
3
Brojo Geni: Tradisi Sepak Bola Api Pondok Tremas, Media Dakwah Berbasis Kearifan Lokal
4
Diresmikan Bupati, Gedung MWCNU di Bangkalan Diharap Jadi Penggerak Organisasi
5
PMII Rayon Ibnu Aqil Gelar PKD ke-31 di Singosari, Cetak Kader Intelektual Progresif dan Militan
6
KH Miftachul Akhyar Jelaskan 3 Sikap yang Dirahmati dan Dimurkai Allah
Terkini
Lihat Semua