• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 19 Mei 2024

Pendidikan

Kuliah Kerja Mahasiswa UIN Malang Fasilitasi Nomor Induk Berusaha UMKM

Kuliah Kerja Mahasiswa UIN Malang Fasilitasi Nomor Induk Berusaha UMKM
KKM Reguler UIN Maliki Malang mengadakan pembuatan NIB untuk UMKM. (Foto: NOJ/uin-malang.ac.id)
KKM Reguler UIN Maliki Malang mengadakan pembuatan NIB untuk UMKM. (Foto: NOJ/uin-malang.ac.id)

Malang, NU Online Jatim

Para peserta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Reguler Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang yang terhimpun dalam Kelompok Senampat melakukan terobosan. Yakni dengan mengadakan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan dipusatkan di Balai Desa Gedogkulon, Turen, Malang, Rabu (18/01/2023). Kegiatan ini dilangsungkan sebagai bentuk kegiatan terakhir sebelum mahasiswa melakukan purna tugas mengabdi KKM.


Tri Winarni, konsultan UMKM turut diundang untuk berbagi ilmunya mengenai pentingnya kepemilikian dan prosedur pembuatan NIB. Ia juga menjelaskan bahwa proses mendapatkan NIB juga membutuhkan beberapa kelengkapan dokumen.


"Ketika bapak ibu sudah memiliki berkas-berkas tersebut, nanti akan lebih mudah untuk mengembangkan usaha dan tentu sudah berada dalam lindungan hukum,''  katanya.


Bagi warga Desa Gedogkulon sendiri, acara ini merupakan satu hal yang sudah ditunggu sejak lama, sebab banyak di antara mereka yang pernah mencoba membuat namun tak kunjung berhasil. Tak heran, antusias warga sangat tinggi. Setidaknya 70 pendaftar yang hadir, sedangkan undangan yang disebar hanya sejumlah 50 undangan.


Reni, Sekretaris Desa Gedogkulon turut mengarahkan warga untuk segera mendaftarkan usahanya dalam pembuatan berkas penting ini. Respons positif juga datang darinya yang melihat kegiatan ini adalah momentum yang baik.


"Acara adik-adik ini perlu diapresiasi nggeh, soalnya hasil yang didapatkan ini sangat membantu bapak ibu dalam mengembangkan usaha,'' ujarnya di tengah pengondisian acara.


Warga yang telah menyelesaikan proses pembuatan, dapat membawa pulang berkas NIB yang langsung dicetak oleh Kelompok Senampat. Sedangkan beberapa yang belum selesai dapat melanjutkan proses pembuatan pada esok harinya.

 

Oleh-oleh tidak hanya didapatkan warga, namun seluruh anggota kelompok ini juga mendapatkan sertifikat sebagai bentuk apresiasi dari LKP Juang Mandiri dalam keikutsertaan dalam membantu warga untuk pembuatan NIB.


Lebih lanjut, M Ichsan Mulyadi selaku Ketua Kelompok Senampat merasa kagum atas antusias warga yang sangat tinggi. Ia juga mengapresiasi anggota kelompoknya yang sigap selama persiapan dan berjalannya acara.


‘’Alhamdulillah seneng banget, semuanya keren dan lancar, InsyaAllah kita menutup pengabdian ini dengan berkah, amn’’ tambah mahasiswa program studi psikologi tersebut. 


Editor:

Pendidikan Terbaru