• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Pendidikan

Mahasiswa Unisma Gelar Penyuluhan untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sayur

Mahasiswa Unisma Gelar Penyuluhan untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sayur
Penyuluhan kepada petani sayur. (Foto: NOJ/humas)
Penyuluhan kepada petani sayur. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Mahasiswa Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik Universitas Islam Malang (Unisma) tahun 2021 kelompok 89 dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Sugiarto menyelenggarakan kegiatan penyuluhan yang bertemakan Peranan Strategi Pemasaran Hasil Pertanian untuk Mewujudkan Kesejahteraan Petani. Kegiatan ini dihadiri pemateri Moch Noerhadi Sudjoni, Dosen Fakultas Pertanian Unisma. Tema yang diangkat dengan tujuan mengembangkan strategi pemasaran produk hasil pertanian dengan komoditas utama yang berupa sayur seledri, andewi, daun bawang prei dan pakcoy. Penyuluhan ini dilakukan untuk memperluas jangkauan pemasaran guna memperoleh keuntungan yang maksimum.

 

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan, Rabu (25/08/2021) yang diselenggarakan di Saung Tani Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Peserta yang berpartisipasi pada kegiatan ini meliputi ketua dan pengurus Taruna Tani dan 3 Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Kegiatan ini juga disiarkan melalui beberapa media sosial, seperti live streaming youtube dan instagram serta menggunakan zoom meeting untuk memperluas jangkauan peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan penyuluhan ini.

 

Moch Noerhadi Sudjoni berharap Desa Torongrejo dapat mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk dapat memberikan naungan dalam kegiatan pemasaran produk hasil pertanian.

 

“Bumdes dapat dijadikan pengganti koperasi, karena jika Bumdes tersebut diberdayakan maka akan bertanggung jawab dalam kegiatan pemasaran produk tersebut,” katanya.

 

Penyuluhan ini membahas mengenai strategi pemasaran hasil pertanian yang bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan memperhatikan keadaan lingkungan dan situasi persaingan yang dapat ditawarkan guna memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Penyuluhan ini dilakukan agar masyarakat desa Torongrejo mengetahui saluran pemasaran dan strategi pemasaran sayuran secaran tepat dan efektif. Mengingat pada masa Pandemi Covid-19 saat ini sangat mempengaruhi tingkat penjualan petani sayur.

 

Untuk mewujudkan kepuasan konsumen, maka produk tersebut harus melalui beberapa tahapan, yaitu sortasi, grading, labeling, dan packing. Strategi dalam meningkatkan keunggulan dalam bersaing, yaitu produk prima, harga bersaing, pengiriman tepat waktu, dan produksi secara berkelanjutan. Pemasaran merupakan hal yang sangat penting dikarenakan jika petani memiliki pengetahuan terhadap pemasaran maka akan dapat mewujudkan kesejahteraan bagi petani yang dapat didukung dengan adanya kelembagaan pada suatu daerah, seperti Bumdes.

 

Penulis: Umi Kholilyah dan Risdya Wulan Sari


Pendidikan Terbaru