• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 7 Juli 2022

Pendidikan

Sejumlah Mahasiswa Unusa Jalani Pertukaran ke Berbagai Kampus

Sejumlah Mahasiswa Unusa Jalani Pertukaran ke Berbagai Kampus
Pengarahan pertukaran mahasiswa. (Foto: NOJ/humas)
Pengarahan pertukaran mahasiswa. (Foto: NOJ/humas)

Surabaya, NU Online Jatim

Sebanyak 18 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Unusa menjalani pertukaran mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di perguruan tinggi atau di prodi lain seperti di Universitas Islam Malang, Universitas Zainul Hasan, Genggong, Probolinggo, dan Universitas Bandar Lampung.

 

Kaprodi PBI Unusa, Tiyas Saputri menjelaskan, ke-18 mahasiswa menjalani pembelajaran di beberapa universitas. Ini dilakukan sebagai sarana pengalaman untuk mahasiswa Unusa bisa belajar di universitas lain.

 

"Selain itu sarana untuk transfer ilmu yang dimiliki Unusa dengan universitas yang dituju," katanya, Selasa (28/09/2021).

 

18 mahasiswa ini selain di universitas lain juga melaksanakan pertukaran di prodi yang ada di Unusa. Mereka masing-masing tersebar di Universitas Islam Malang sebanyak 5 mahasiswa, 5 mahasiswa di Universitas Zainul Hasan Genggong Probolinggo, dan 5 mahasiswa ke Universitas Bandar Lampung. Sisanya 3 mahasiswa di Prodi Keperawatan FKK Unusa. Mereka akan menjalani perkulihanan di tempat itu selama satu semester.

 

Direktur Akademik Kemahasiswaan dan Perpustakaan Unusa, Umdatus Soleha menjelaskan, mengingat situasi pandemi Covid -19, maka perkuliah akan dilakukan secara daring.

 

"Kami memilih untuk menjalani perkuliahan secara daring," terangnya.

 

Dijelaskan Umdatus, nantinya mata kuliah yang akan dijalani ketika pertukaran akan disamakan dengan mata kuliah yang ada di Unusa.

 

"Pertukaran mahasiswa ini merupakan salah satu implementasi dari program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM)," ucapnya.

 

Umdatus menjelaskan, jika mahasiswa dari perguruan tinggi yang sama juga akan menjalani perkuliahan di Unusa jumlahnya sebanyak 5 mahasiswa dari Universitas Zainul Hasan Genggong Probolinggo, 10 Mahasiswa dari Universitas Islam Malang, juga 40 Mahasiswa Prodi PG PAUD, dan 45 Mahasiswa Keperawatan dari Unusa dalam pertukaran mahasiswa antar Prodi.

 

“Program pertukaran ini dilakukan agar mahasiswa dari Unusa bisa mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi atau prodi lain," ujarnya.

 

Tidak hanya itu, Umdatus yakin program ini akan semakin mengeratkan hubungan Unusa dengan universitas lain, sehingga kerja sama ini cukup bagus untuk menambah jejaring mahasiswa.

 

“Melalui program pertukaran mahasiswa, saya berharap mahasiswa Unusa bisa menimba ilmu di universitas yang dituju. Sehingga bisa saling berbagi pengalaman atau bahkan menambah ilmu baru yang didapatkan dari peruruan tinggi tempat mereka menjalani kuliah," pungkas Umdatus.


Pendidikan Terbaru