• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Pendidikan

Wisuda UIN Malang, Tangis Haru Orang Tua Gantikan Anaknya yang Berpulang

Wisuda UIN Malang, Tangis Haru Orang Tua Gantikan Anaknya yang Berpulang
Prosesi wisuda, tangis haru Orang Tua gantikan anaknya yang berpulang. (Foto: NOJ/tugumalang)
Prosesi wisuda, tangis haru Orang Tua gantikan anaknya yang berpulang. (Foto: NOJ/tugumalang)

Malang, NU Online Jatim
Di momen wisuda, prosesi sedih dan haru mewarnai di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang Periode III, Sabtu (03/09/2022). Terdapat salah satu orang tua mahasiswa UIN Malang ini yang harus mewakili wisuda anaknya dikarenakan meninggal dunia.


M Jainuri dan Fadillah, ayah dan ibu dari Ilham Yusuf Akbar, mahasiswa Sarjana dari Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Malang asal Japanan, Pasuruan ini harus menggantikan anaknya menerima ijazah pada perayaan wisuda yang berlangsung di Gedung Jenderal Besar Haji Muhammad Soeharto UIN Malang.


Hal itu disampaikan oleh Ketua Senat UIN Malang, Prof Dr H Muhtadi Ridwan MAg pada saat akan membuka rapat terbuka dalam rangka wisuda lulusan program Sarjana dan Pascasarjana periode III tahun 2022. Ia menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Ilham Yusuf Akbar pada hari ini saat hendak dikukuhkan sebagai wisudawan di UIN Malang.


“Semoga almarhum husnul khotimah dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” doanya seraya diiringi bacaan surat Al-Fatihah dari ribuan undangan yang hadir.


Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Malang, Prof Dr Hj Umi Sumbulah, MAg dalam laporan akademiknya menjelaskan, ada 800 orang yang dikukuhkan dalam prosesi kali ini. Di antaranya 635 wisudawan program Sarjana (S1), 142 wisudawan program Magister (S2), dan program Doktor (S3) sejumlah 23 wisudawan.


Dengan rincian 156 wisudawan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 152 wisudawan Fakultas Syariah, 75 wisudawan Fakultas Humaniora, 85 wisudawan Fakultas Psikologi. 122 wisudawan Fakultas Ekonomi, 34 Fakultas Sains dan Teknologi, 16 wisudawan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta 160 wisudawan Program Pascasarjana.


Menurutnya, pada tahun ini lulusan UIN Malang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini dilihat dari kuantitas jumlah lulusan yang tepat waktu. “Alhamdulillah jumlah lulusan di UIN Malang mengalami peningkatan pasca pandemi ini dan menelurkan generasi yang unggul,” jelasnya.


Dalam prosesi wisuda kali ini juga diumumkan tiga wisudawan terbaik pada setiap jenjang. Yakni di program Sarjana diraih oleh Syaif Al Haq, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Mu’amalah) dengan IPK 3.96 (Cumlaude).


Program Magister oleh Yuvita Ariswati, Magister Manajemen Pendidikan Islam dengan IPK 3.97 (Cumlaude). Serta di Program Doktor, diraih oleh Ima Khalimatussa’diyah, Doktor Pendidikan Bahasa Arab dengan IPK 3.94 (Cumlaude).


Pendidikan Terbaru