Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Ansor dan Banser Bukan Hanya Milik NU, Juga Bangsa

Ansor dan Banser Bukan Hanya Milik NU, Juga Bangsa
Peserta Diklatsar Banser di Pacitan menerima atribut. (Foto: NOJ/Risalatul M)
Peserta Diklatsar Banser di Pacitan menerima atribut. (Foto: NOJ/Risalatul M)

Pacitan, NU Online Jatim

Pandemi yang disebabkan oleh Virus Covid-19 menyebabkan kendala seluruh aktivitas masyarakat dalam menjalankan kehidupan normal. Kebijakan baru pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak menyurutkan semangat kader di Pacitan untuk senantiasa berkhidmat.

 

Sama halnya yang dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Punung dan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Keduanya yang menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) pada Jumat (22/01/2021) hingga Ahad (24/01/2021). Kegiatan dilaksanakan di gedung Menara NU Jajar, Kecamatan Donorojo.

 

Diklatsar yang diawali dengan ziarah makam almaghfurlah KH Umar Syahid atau Mbah Umar Tumbu ini diikuti puluhan pemuda setempat.

 

 “Apapun kondisinya pengkaderan harus tetap berjalan. Tetapi tetap dilaksanakan sesuai dengan aturan Prokes yang berlaku,” kata Caraka Yoga.

 

 

Ketua Pelaksana Diklatsar Banser tersebut menyampaikan bahwa, pengambilan tema 'Menjaga Keutuhan NKRI dengan Semangat Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air, Hubbul Wathan Minal Iman' didasarkan pada ungkapan pendiri organisasi GP Ansor, KH Abd Wahab Chasbullah. Disampaikan  bahwa Banser merupakan bagian dari penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan dasar cinta Tanah Air.

 

“Kita mengambil tema tersebut karena Ansor Banser merupakan bagian dari penjaga NKRI dengan dasar hubbul wathan minal iman, seperti apa yg telah dicetuskan oleh pendiri Ansor, yaitu KH Abd Wahab Chasbullah,” terangnya.

 

Munaji, Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Pacitan menegaskan bahwa kader Ansor-Banser dibentuk bukan hanya untuk NU. Melainkan dengan segala komitmen kebangsaan yang dimiliki kader Ansor Banser, juga menjadi milik bangsa dan negara.

 

 

“Kader Ansor Banser bukan hanya kader milik Ansor, Banser ataupun NU saja. Namun kader Ansor Banser merupakan kader milik bangsa, dengan komitmen kebangsaannya,” tegasnya.

 

Tampak hadir pada kegiatan ini Ketua PC GP Ansor Pacitan, Rais dan Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), Muslimat NU, Fatayat NU PAC Donorojo dan Punung. Selain itu juga hadir camat, Komandan Rayon Militer (Danramil) dan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Donorojo.

 

Penulis: Risalatul Mu’awanah

PWNU Jatim Harlah