Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Memiliki Kendaraan Baru? Baca Doa Ini

Memiliki Kendaraan Baru? Baca Doa Ini
Doa dianjurkan saat memiliki kendaraan baru. (Foto: NOJ/BLi)
Doa dianjurkan saat memiliki kendaraan baru. (Foto: NOJ/BLi)

Terbayang bagaimana kalau belum memiliki kendaraan. Baik itu sepeda angin, motor, hingga mobil. Aktivitas tentu saja terganggu lantaran lokasi yang hendak dijangkau lumayan jauh. Demikian pula kala ada keperluan mendadak bisa tertunda karena tidak ada kendaraan pendukung.

 

Karenanya, kita dianjurkan bersyukur atas anugerah Allah SWT berupa kendaraan baru baik sepeda, motor, mobil, atau kendaraan lain. Ada sejumlah doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika memegang pertama kali kendaraan baru tersebut.

 

Anjuran doa ini disebutkan oleh Imam An-Nawawi melalui riwayat dalam kitab Al-Azkar berikut ini:

 

 يستحب في الأول أن يأخذ بناصيته ويقول: اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ. وقد سبق في كتاب أذكار النكاح الحديث الوارد في نحو ذلك في سنن أبي داود وغيره

 

Artinya: Seseorang dianjurkan untuk pertama kali memegang jambul (bagian depan kepala unta) dan berdoa, ‘Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya.’ Hadits serupa ini sudah disebut telah lalu pada bab nikah di Sunan Abu Dawud dan selainnya. (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 275).

 

Artikel diambil dariDoa Punya Kendaraan Baru

 

Doa berikut ini bisa dibaca sambil memegang bagian depan kendaraan baru tersebut:

 

 اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ

 

Allâhumma innî as’aluka khairahû wa khaira mâ jubila alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihî wa syarri mâ jubila alaih.

 

Artinya: Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya.

 

 

Dengan membaca doa ini, kita mengharapkan kendaraan baru membawa kemaslahatan dan mudah dikendalikan serta membawa keselamatan baik bagi pengemudi maupun penumpangnya.

 

Semoga kendaraan yang ada bisa semakin memudahkan dalam beribadah dan menggunakannya untuk tujuan mulia. Wallahu a‘lam.


Editor:
F1 Bank Jatim