• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Rehat

Profil Berdirinya Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Profil Berdirinya Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan
Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. (Foto: NOJ/kompas.com)
Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. (Foto: NOJ/kompas.com)

Pondok Pesantren Sidogiri merupakan jenis pesantren salaf di Jalan Raya Sidogiri, Sidogiri, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Pesantren ini didirikan pada awal abad ke-18 oleh Sayyid Sulaiman.


Sejarah Pondok Pesantren Sidogiri

Mengutip dari detik.com, Sayyid Sulaiman dikenal sebagai seorang Sayyid asal Cirebon yang memiliki garis keturunan Rasulullah dari nasab Basyaiban dan cucu dari Sunan Gunung Jati.


Sayyid Sulaiman merupakan putra dari pasangan Sayyid Abdurrahman yang merupakan seorang perantau dari Tarim Hadramaut Yaman, dan Syarifah Khodijah yang merupakan seorang putri Sultan Hasanuddin bin Sunan Gunung Jati.


Sayyid Sulaiman meratakan hutan belantara yang tak pernah didatangi oleh manusia dan dihuni oleh banyak makhluk halus selama 40 hari. Sayyid Sulaiman mengubah wilayah Sidogiri menjadi tanah yang lapang. Lalu, Sayyid Sulaiman membangun sebuah pondok pesantren dengan bantuan Kiai Aminullah. Aminullah adalah seorang santri sekaligus menantunya yang berasal dari Pulau Bawean.


Ada dua versi mengenai tahun berdirinya Pondok Pesantren Sidogiri, yaitu 1718 atau 1745. Dalam Panca Warga tahun 1963, tercatat bahwa pesantren tersebut dibangun sejak tahun 1718 dan catatan itu disahkan oleh KH Noerhasan Nawawie, KH Cholil Nawawie, dan KA Sa'doellah Nawawie pada tanggal 29 Oktober 1963.


Sementara catatan yang disahkan oleh KA Sa'doellah Nawawie, mencatat bahwa tahun 1971 merupakan hari ulang tahun Pondok Pesantren Sidogiri ke-226. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Pondok Pesantren Sidogiri dibangun pada tahun 1745.


Pengurus Pondok Pesantren Sidogiri dari Masa ke Masa

  1. Sayyid Sulaiman (1745 M)
  2. KH Aminullah (pertengahan abad ke-18 M)
  3. KH Mahalli (sekitar akhir abad ke-18 M)
  4. KH Abu Dzarrin (sekitar awal abad ke-19 M)
  5. KH Noerhasan bin Noerkhotim (sekitar awal sampai dengan pertengahan abad ke-19 M)
  6. KH Bahan bin Noerhasan (sekitar pertengahan abad ke-19 sampai dengan awal abad ke-20 M)
  7. KH Nawawie bin Norhasan (awal abad ke-19 M)
  8. KH Abd. Adzim bin Oerip (awal abad ke-19 M)
  9. KH Abd. Djalil bin Fadhil (awal abad ke-19 sampai dengan 1947 M)
  10. KH Cholil Nawawie (1947 M)
  11. KH Abd. Alim Abd. Djalil (21 Ramadan 1978 M)
  12. KH A. Nawawie Abd. Djalil (28 Dzul Qadah 1425 H/2005 M)
  13. KH Fuad Noerhasan (2021-sekarang)


Rehat Terbaru