• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Tapal Kuda

Ansor Bangil Gelar Pelantikan di ‘Jendela Langit’

Ansor Bangil Gelar Pelantikan di ‘Jendela Langit’
Prosesi pelantikan PC GP Ansor Bangil. (Foto: NOJ/Muhammad Ma’ruf Rois)
Prosesi pelantikan PC GP Ansor Bangil. (Foto: NOJ/Muhammad Ma’ruf Rois)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bangil Kabupaten Pasuruan meggelar resepsi pelantikan di lokasi wisata bernama jendela langit, Ahad (03/10/2021). Wisata jendela langit ini terletak di Tegal Kidul, Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

 

Ketua PC GP Ansor Bangil H Saat Muafi mengatakan, setelah pelantikan ini ke depan organisasinya akan mewadahi kreatifitas para pemuda yang ada di Kabupaten Pasuruan, khususnya di wilayah cabang Bangil. Hal ini sSesuai dengan tema pelantikan ‘Ansor rumah besar milenial’.

 

“Kami ingin mewadahi seluruh kreatifitas anak-anak muda. Jadi anak–anak muda menurut saya tidak hanya mengaji saja, tapi bagaimana kemudian kreatifitas anak muda ini mampu kita wadahi bersama. Saya yakin bahwa insyaallah ke depan Ansor akan menjadi rumah besar milenial,” ujarnya.

 

Ia juga mengungkapkan, pihaknya tetap berkomitmen menjaga kedaulatan Indonesia dari golongan – golongan radikal yang ingin menjadikan negara ini sebagai negara khilafah. Terlebih kawasan Bangil yang merupakan wilayah beraneka ragam aliran.

 

“Bahkan ketika negara tidak tegas terhadap HTI dan FPI, kemarin kita menggrebek markas HTI dan itu menjadi viral. Silahkan tuduh kami radikal, keras, tapi jangan pernah tuduh kami sebagai penghianat kiai kami dan negara kami,” ungkapnya.

 

H Saat Muafi juga membeberkan sejumlah peranan yang sudah dilakukan Ansor di Bangil. Di antaranya terlibat menanggulangi pandemi Covid-19 dengan membuat program radi bersih dan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah Bangil.

 

“Kami telah mengerahkan seribu anggota untuk melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh tempat ibadah tanpa memandang agama, dan juga di tempat pendidikan baik formal maupun non formal,” urainya.

 

Selain itu, lanjutnya, sejak pra hingga pasca-pelantikan pihaknya telah melaksanakan dan menyiapkan beragam kegiatan.

 

“Kemarin untuk pra pelantikan kami sudah melakukan di antaranya donor darah, santunan anak yatim, khatmil Qur’an dan yang dilakukan oleh Rijalul Ansor Bangil festival shalawat. Untuk pasca-pelantikan insyaallah kita mengadakan festival musik se Kabupaten Pasuruan,” tandasnya.

 

 

Adapun acara tersebut dihadiri Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur H M Syafiq Syauqi, perwakilan dari Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor dan juga tokoh dari berbagai agama yang ada di Kabupaten Pasuruan untuk mendeklarasikan pemuda lintas agama.

 

Penulis: Muhammad Ma’ruf Rois


Editor:

Tapal Kuda Terbaru