• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 29 November 2022

Tapal Kuda

BMTNU Pasirian Perdana di Lumajang, Optimis Tingkatkan Aset

BMTNU Pasirian Perdana di Lumajang, Optimis Tingkatkan Aset
Kantor BMTNU Pasirian, Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif).
Kantor BMTNU Pasirian, Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif).

Lumajang, NU Online Jatim

Baitul Mal wa Tamwil Nahdatul Ulama (BMTNU) Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang diresmikan pada Kamis, (19/08/2021). Lembaga keuangan ini merupakan yang pertama dibuka di tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWCNU) di bawah naungan BMTNU Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang.

 

Para pengelola menargetkan peningkatan aset modal dengan menghimpun tabungan sebanyak-banyaknya terutama dari Nahdiyin Kecamatan Pasirian.

 

"Secara sistem perbankan kita akan mulai pada bulan September ini. Kita targetkan di bulan pertama dan kedua untuk meningkatkan aset modal dengan mengumpulkan tabungan dari warga NU sebesar-besarnya," ungkap Syuhud selaku Ketua MWCNU Pasirian saat dikonfirmasi pada Ahad, (22/08/2021).

 

Syuhud menjelaskan, ada dua cara yang akan diambil untuk memuluskan targetnya. Di antaranya dengan membentuk jaringan di beberapa lembaga dan Badan Otonom (Banom) NU di tingkat MWCNU.

 

"Nanti kita bagi tugas untuk membangun komunikasi lebih intensif lagi dengan masyarakat dan lembaga serta Banom yang ada di bawah. Selebihnya kita akan melakukan sosialisi kepada masyarakat umum sehingga terbentuk jaringan," imbuhnya.

 

Lebih lanjut dirinya mengaku banyak kalangan yang meragukan MWCNU Pasirian dapat mengelola BMTNU yang ada di Jl Raya Pasirian ini dengan baik.

 

"Ada masyarakat yang tidak yakin kita mampu mengelola perbankan. Dari teman-teman juga sebenarnya ada yang belum yakin juga. Kami maklumi itu,  karena ini memang hal baru yang sebelumnya di sini belum pernah ada," ujarnya.

 

Meskipun begitu, dirinya sangat yakin dengan usaha serta evaluasi setiap permasalahan yang ada. BMTNU ini bisa terus bertahan dan mampu meyakinkan masyarakat.

 

 

"Jangan kemudian berpikir ke belakang terlalu jauh. Setiap usaha ada sukses dan tidaknya. Yang terpenting kita niatkan  kemudian memperbaiki dan mengevaluasi setiap kendala yang dihadapi kemudian menyelesaiknya dengan baik," pungkas Syuhud.

 

Penulis: Sufyan Arif

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru