• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Tapal Kuda

Pemberian Santunan Yatim Digelar di Lumajang, Bawean dan Pasuruan

Pemberian Santunan Yatim Digelar di Lumajang, Bawean dan Pasuruan
Kegiatan pemberian santunan kepada yatim di Pasuruan. (Foto: NOJ/M Faishol)
Kegiatan pemberian santunan kepada yatim di Pasuruan. (Foto: NOJ/M Faishol)

Lumajang, NU Online Jatim

Momen 10 Muharram tahun ini dimanfaatkan sejumlah kalangan untuk memberikan santunan. Seperti yang dilakukan di Lumajang, Bawean, Gresik dan Pasuruan.

 

Yayasan Nurul Masyithah Lumajang (YNML) memberikan santunan kepada 67 siswa-siswi yatim, Kamis (19/08/2021). Acara dipusatkan di mushala Sekolah Dasar Islam (SDI) jalan Kapten Kiai Ilyas No.16 Tompokersan Lumajang.

 

"Ini penting tetap kita laksanakan, agar anak-anak bersemangat dalam belajar meskipun dalam kondisi pandemi, tanpa harus minder dengan tidak adanya salah satu orang tua mereka," kata Rodliyah, Ketua YNML, Jumat (20/08/2021).

 

Dirinya mengaku, dana santunan yang diberikan merupakan hasil swadaya para guru, karyawan dan donatur lainnya yang terkumpul hingga 16 juta lebih.

 

Pasuruan
Kegiatan serupa digelar Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kejayaan, Kabupaten Pasuruan. 

 

Acara diselenggarakan bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Jember KH Achmad Shiddiq di Pondopo Desa Patebon Kecamatan Kejayaan, Kamis (19/08/2021).

 

"Alhamdulillah berkat adanya IPNU-IPPNU dan mahasiswa KKN UIN KH Achmad Shiddiq di Desa Patebon kita masih tetap bisa istikamah mengadakan santunan anak yatim," kata Abdul Rahman selaku kepala desa.

 

Menurut Achmad Zakariya selaku Ketua PAC IPNU Kecamatan Kejayaan, kegiatan mempererat tali silaturahim antara Pengurus Ranting NU, kepala desa dan pelajar NU.

 

Gresik
Sedangkan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Bawean juga menggelar santunan untuk seribu anak yatim dan dluafa, Kamis (19/08/2021). 

 

Ustadz Ilyas selaku Ketua PC LAZISNU Bawean mengemukakan santunan dilaksanakan langsung oleh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU). Tentu juga berkoordinasi dengan kepengurusan di atasnya.

 

"Kegiatan ini merupakan inisiatif dan memang program PC LAZISNU Bawean, hanya saja pelaksanaannya melalui ranting," katanya.

 

Terpisah, Ketua PCNU Bawean, Kiai Muhammad Fauzi mengatakan bahwa Islam mengajarkan agar kita saleh tidak hanya secara individual, tetapi juga secara sosial. Bahkan pendusta agama dikenakan kepada orang yang tidak punya kepekaan sosial, kepada para yatim, fakir miskin dan mereka yang terpinggirkan secara sosial ekonomi.

 

"Kita dianggap mencintai Allah, hanya kalau kita mencintai dan mengasihi ciptaan-Nya yakni manusia dan alam semesta," katanya.
 

Penulis:  Sufyan Arif, Mokh Faishol dan Aminuddin 
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru