• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Tapal Kuda

Coret Gambar Gus Irsyad, Banser Tuntut Pj Bupati Pasuruan Minta Maaf

Coret Gambar Gus Irsyad, Banser Tuntut Pj Bupati Pasuruan Minta Maaf
Ratusan personel Banser saat ngelurug Kantor Bupati Pasuruan, Rabu (28/02/2024). (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
Ratusan personel Banser saat ngelurug Kantor Bupati Pasuruan, Rabu (28/02/2024). (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Ratusan personel Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Pasuruan ngelurug ke Kantor Bupati Pasuruan, Rabu (28/02/2024). Hal itu buntut dari pencoretan gambar Gus M Irsyad Yusuf pada pada logo Kopi Asli Kabupaten Pasuruan (Kapiten).

 

Logo Kapiten Pasuruan yang dicoreti itu tercetak pada gelas kopi yang disuguhkan untuk tamu sidang paripurna DPRD. Sementara Gus Irsyad sendiri tak lain mantan Bupati Pasuruan sekaligus Kepala Satuan Koordinasi Wilayah (Kasatkorwil) Banser Jatim.

 

Pantauan NU Online Jatim, ratusan personel Banser Pasuruan melakukan doa bersama dan menyanyikan yel-yel Banser di Pendopo Pasuruan Alun-alun Kota Pasuruan dan Kantor Bupati di kompleks perkantoran Pemkab Pasuruan di Raci, Bangil. Mereka juga menuntut Pj Bupati meminta maaf secara terbuka kepada Gus Irsyad.

 

"Kami minta kepada Pj Bupati (Pasuruan) agar meminta maaf secara langsung dan bertemu Gus Irsyad di rumah beliau," kata Ketua Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Pasuruan, Kosim.

 

Kosim menambahkan, bahwa pencoretan wajah Kasatkorwil Banser merupakan bentuk penghinaan terhadap pimpinan organisasi Banser.

 

"Pencoretan wajah merupakan penghinaan bagi kami, wajah pimpinan kami dicoret oleh oknum di acara sidang paripurna DPRD Kabupaten Pasuruan kemarin," ujarnya.

 

Aksi demonstrasi itu pun tak berlangsung lama, lantaran Pj Bupati Pasuruan saat itu tidak sedang berada di lokasi. Mereka kemudian menggelar doa bersama di depan gerbang masuk Pendopo Alun-alun Kota Pasuruan.

 

Sementara itu, Pj Bupati Pasuruan Andriyanto mengaku akan segera meminta maaf kepada Gus Irsyad serta akan mengusut tuntas dalang dari pencoretan wajah Gus Irsyad digelas kopi saat sidang Paripurna LKPJ DPRD Kabupaten Pasuruan.

 

"Insyaallah, hari ini kami akan menghubungi beliau dan kami akan segera minta maaf atas kejadian tersebut, serta segera mengusut dan menyelesaikan secara tuntas," ujarnya.

 

Dirinya menjelaskan bahwa kejadian tersebut murni kesalahpahaman dan ketidaksengajaan, khususnya terkait netralitas ASN saat Pemilu kemarin agar tidak menampakkan wajah mantan Bupati Pasuruan itu yang kebetulan mencalonkan diri sebagai calon DPR RI.

 

"Memang itu kesalahan kami, tidak mengecek kembali gelas yang dipakai saat menyajikan kopi di sidang Paripurna LKPJ 2023 di DPRD Kabupaten Pasuruan," ucapnya.

 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Pasuruan, saya memohon maaf atas beredarnya pemberitaan tentang hal tersebut. Sekali lagi saya sampaikan, tidak ada unsur kesengajaan," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru