• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Tapal Kuda

Diawali Pengasuh, Pesantren Al-Ishlah Besuki Gelar Vaksinasi

Diawali Pengasuh, Pesantren Al-Ishlah Besuki Gelar Vaksinasi
Pengasuh Pesantren Al-Ishlah Besuki, KH Ahmad Hanif Makki, saat divaksinasi. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P).
Pengasuh Pesantren Al-Ishlah Besuki, KH Ahmad Hanif Makki, saat divaksinasi. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P).

Situbondo, NU Online Jatim

Proses vaksinasi di lingkungan pesantren di Jawa Timur terus digalakkan. Kali ini, proses vaksinasi digelar di Pondok Pesantren Al-Ishlah Besuki Situbondo, Kamis (26/08/2021).

 

Pengasuh Pesantren Al-Ishlah Besuki, KH Ahmad Hanif Makki mengatakan, pada mulanya vaksinasi rencananya hanya digelar sederhana untuk dewan pengasuh dan santri.

 

“Namun sejak pamflet vaksinasi disebar luaskan, akhirnya banyak masyarakat Besuki dan sekitarnya yang berbondong-bondong untuk mendaftar,” ujar kiai muda yang juga Wakil Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo ini.

 

Kiai Hanif menyebutkan, bahwa antusiasme masyarakat yang ingin divaksinasi tersebut di luar dugaan. Bahkan, pihaknya sebelumnya menyampaikan kepada tenaga kesehatan untuk menyediakan 30 dosis vaksin saja.

 

“Sungguh diluar dugaan. Antusiasme ini muncul setelah pamflet disebar dan saya sampaikan bahwa orang pertama yang disuntik vaksin adalah saya,” imbuh Kiai Hanif.

 

Dirinya mengaku, bahwa pada mulanya ia sempat akan termakan hoaks yang beredar luas di masyarakat soal vaksinasi tersebut. Namun, setelah dipelajari dan bertanya kepada narasumber yang ahli di bidangnya, akhirnya dirinya berkesimpulan bahwa vaksin itu aman dan halal.

 

Sementara Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani mengapresiasi upaya yang dilakukan PCNU Situbondo dan Pesantren Al-Ishlah Besuki. Mengingat, hal ini merupakan pondok pesantren pertama yang melakukan vaksinasi di lingkungan pesantren.

 

“Sangat luar biasa, seorang kiai muda memberikan contoh kepada masyarakat. Bahkan, ini vaksinasi pertama di lingkungan pesantren di Kabupaten Situbondo. Semoga bisa menular ke pesantren-pesantren yang lain,” tuturnya.

 

Wabup Situbondo juga menyampaikan, bahwa vaksin tidak menyebabkan kematian. Dirinya pun meminta kepada masyarakat agar tidak termakan berita bohong yang tersebar di masyarakat.

 

Hadir pula dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah Situbondo Syaifullah, Ketua PCNU Situbondo KH Muhyidin Khatib, Rais PCNU Situbondo KH Zainul Mu’in. Tak lupa juga hadir Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) dan MWCNU Besuki.

 

Penulis: Muhammad Fathurrahman P

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru