• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 18 Mei 2022

Tapal Kuda

Erupsi Susulan, Petugas Jaga Ketat Ruas Jalan Menuju Gunung Semeru

Erupsi Susulan, Petugas Jaga Ketat Ruas Jalan Menuju Gunung Semeru
Petugas keamanan jaga ketat ruas jalan menuju Gunung Semeru pasca erupsi susulan. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Petugas keamanan jaga ketat ruas jalan menuju Gunung Semeru pasca erupsi susulan. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Erupsi susulan Gunung Semeru kembali terjadi pada Senin (06/12/2021) sekira pukul 03.00 dini hari. Hal itu menimbulkan kepanikan warga karena suara gemuruh lahar dingin terdengar jelas. Sejumlah petugas keamanan pun menjaga ketat sejumlah ruas jalan menuju Gunung Semeru.

 

Pantauan NU Online Jatim, ruas jalan di seberang lapangan Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, Lumajang, puluhan petugas menjaga ketat akses jalan menuju Gunung Semeru.

 

Terlihat pula lalu lalang alat berat dari petugas, serta sejumlah pengungsi yang dipindahkan menuju titik yang lebih aman.

 

"Tidak boleh lewat mas, karena tadi ada erupsi susulan," ungkap Rudi, seorang petugas keamanan yang berjaga. 

 

Hal itu dibenarkan Ibnu Shodiq, seorang relawan NU Peduli Semeru Lumajang yang berada di Posko II, tepatnya di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Candipuro yang tidak jauh dari lokasi.

 

"Iya, ada gemuruh seperti banjir disertai angin. Untuk antisipasi, jangkauan titik aman diperluas, termasuk pengungsi yang ada di posko Balai Desa Sumberwuluh dipindahkan," ungkap pria yang juga Ketua MWCNU Candipuro tersebut.

 

Diketahui, sejumlah pengungsi yang dipindahkan sudah menyebar hingga ke beberapa lokasi yang lumayan jauh dan dinyatakan aman. Di antaranya tersebar di Desa Labruk Kidul, Kunir, Dawuhan Lor, dan Tempeh.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru