• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Tapal Kuda

Fasilitasi Usaha Perikanan, BKNU Pasuruan Konsolidasi dengan MWCNU Wilayah Pesisir

Fasilitasi Usaha Perikanan, BKNU Pasuruan Konsolidasi dengan MWCNU Wilayah Pesisir
Turba BKNU. (Foto: NOJ/Makhfud)
Turba BKNU. (Foto: NOJ/Makhfud)

Pasuruan, NU Online Jatim

Badan Kemaritiman Nahdlatul Ulama (BKNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan menggelar kegiatan turba dan konsolidasi dengan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) yang memiliki wilayah pesisir, Rabu (24/08/2022).

 

Kegiatan yang dipusatkan di Pondok Pesantren Fadhlul Ulum, Dusun Lampean, Desa Jatirejo, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan itu melibatkan MWCNU Lekok, MWCNU Nguling, MWCNU Grati, MWCNU Rejoso, dan MWCNU Kraton.

 

Sekretaris BKNU PCNU, Gus Nanang Chafidz Faqih menjelaskan, turba dan konsolidasi bertujuan untuk memfasilitasi kemitraan usaha dan pembiayaan sektor perikanan di MWCNU yang masuk kategori wilayah pesisir.

 

“Sekaligus implementasi atas sinergi dan kerja sama BKNU dengan Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan dalam program pelatihan, pembinaan dan pengembangan kemitraan usaha bagi nelayan,” imbuhnya kepada NU Online Jatim, Kamis (25/08/2022).

 

Ia juga menyebutkan, salah satu hasil konsolidasi akan dilakukan fasilitasi oleh BKNU Kabupaten Pasuruan kepada lima MWCNU untuk mendirikan BKNU di tingkat MWCNU.

 

“Termasuk mengawal bagaimana sinergi program dan kegiatan antara BKNU Kabupaten dengan BKNU di masing-masing MWCNU,” pungkas alumni Pondok Pesantren Ma’ahadil Ulum Syar’i (MUS), Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah itu.

 

Sementara itu, Wakil Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, H M Ilham Wahyudi menyampaikan, berbagai potensi dan permasalahan dan arah pembangunan maritime di Indonesia. Ia juga memberikan beberapa peran strategis BKNU dalam rangka aktif mendukung pembangunan maritim dan kelautan di Indonesia.

 

“Memfasilitasi pembuatan produk dan jasa kelautan yang bernilai tambah dan berdaya saing tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan nasional hingga ekspor,” pungkas doktor bidang ekonomi itu.

 

Untuk diketahui, turut hadir Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Ahmad Solah, jajaran pengurus BKNU Kabupaten Pasuruan, serta ketua dan sekretaris lima MWCNU.


Tapal Kuda Terbaru