• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Tapal Kuda

Guru NU di Probolinggo Susun Buku Ajar Aswaja Jenjang MA Sederajat

Guru NU di Probolinggo Susun Buku Ajar Aswaja Jenjang MA Sederajat
Pengurus PC Pergunu Kabupaten Probolinggo saat membahas penyusunan buku ajar Aswaja. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)
Pengurus PC Pergunu Kabupaten Probolinggo saat membahas penyusunan buku ajar Aswaja. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Probolinggo membentuk Musyawarah Kerja Guru Mata Pelajaran (MGMP) Aswaja ke-NU-an untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) sederajat di MA Miftahul Ulum An Nur Kropak Bantaran, Sabtu (05/03/2022).​​​​​​​
 

MGMP yang telah terbentuk ini sudah membuat program penyusunan buku ajar Aswaja ke-NU-an. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari daurah Aswaja yang digelar pada 21 Desember 2021 di aula SMKNU Bantaran.
 

MGMP Aswaja ke-NU-an ini beranggotakan guru Aswaja di 20 lembaga MA/SMK se-Kabupaten Probolinggo.
 

"Hasilnya (penyusunan buku ajar) akan dikordinasikan dengan semua lembaga terkait," kata Ketua PC Pergunu Kabupaten Probolinggo, Ustadz Nawawi.
 

Lembaga terkait yang dimaksud, meliputi Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU, Aswaja NU Center, Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN-NU), dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten setempat.
 

"Untuk sementara terbentuk MGMP Aswaja tingkat MA/sederajat," lanjut Nawawi.
 

Berikutnya, PC Pergunu akan menggelar daurah aswaja untuk jenjang SMP sederajat. Yang akan dilanjutkan dengan pembentukan MGMP Aswaja Ke-NU-an untuk jenjang tersebut.
 

Pembina PC Pergunu sekaligus Wakil Rais PCNU Kabupaten Probolinggo, Ustadz Ansori Halim bersyukur atas terbentuknya MGMP Aswaja ke-NU-an ini.
 

Menurutnya, MGMP akan menjadi wadah silaturahim serta pengendali materi ajar ke-NU-an yang sistematis. "Harapannya ke depan Pergunu juga harus membentuk Forum MGMP Aswaja Ke-NU-an di tingkat MTs dan MI sederajat. Dan kalau perlu tidak hanya di guru Aswaja, melainkan melebar ke guru Pendidikan Agama Islam (PAI)," harapnya.
 

 

Pembentukan MGMP Aswaja Ke-NU-an dihadiri Pengawas MA pada Kemenag Kabupaten Probolinggo yang juga Ketua PC Aswaja NU Center, Ustadz Musyafi'.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru