• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 3 Oktober 2022

Tapal Kuda

Hari Pohon Sedunia, LPBINU Lumajang Lakukan Aksi Rawat dan Tanam Pohon

Hari Pohon Sedunia, LPBINU Lumajang Lakukan Aksi Rawat dan Tanam Pohon
Sejumlah foto aksi tanam dan rawat pohon. (Foto: NOJ/Ridlwan)
Sejumlah foto aksi tanam dan rawat pohon. (Foto: NOJ/Ridlwan)

Lumajang, NU Online Jatim

Momen hari pohon sedunia dimanfaatkan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklan Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Lumajang melakukan aksi merawat dan menanam ratusan bibit pohon mangrove dan kelapa, Ahad (21/11/2021). Kegiatan ini dilakukan di sepanjang pesisir laut selatan Desa Wotgalih, Yosowilangun, Lumajang.

 

Kegiatan yang melibatkan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Laskar Pelangi Desa Meleman serta Karang Taruna Satria Muda Indrajid Wotgalih ini tidak hanya melakukan penanaman, namun juga perawatan sejumlah pohon yang telah ditanam sebelumnya.

 

A Ridlwan. Ketua LPBINU Lumajang menuturkan, sejumlah pohon yang telah ditanam juga harus terus dirawat. Oleh karena itu setiap dua minggu sekali dirinya bersama tim gabungan terus melihat kondisi pohon tersebut sesekali juga menanam.

 

"Hari ini kita dibantu 9 personil, dan itu pun kita sebar di Pantai Mbah Drajid, Pantai Meleman, dan Pantai Laskar Pelangi. Hari ini kita juga menanam 70 mangrove maka total sementara di Wotgalih sudah ada 1319 pohon yang kita tanam," jelasnya.

 

Dirinya menambahkan, sebenarnya giat seperti ini sudah berjalan 4 bulan yang lalu dengan target satu juta pohon. Oleh karena itu, secara bertahap akan terus dilakukan hingga tersebar di sepanjang pesisir laut selatan.

 

"Pesisir laut selatan Lumajang tersebar di 12 Desa di 5 kecamatan. Target kita penanaman pohon ini bisa tersebar di seluruhnya sebagai gerakan ikhtiar pengurangan resiko bencana," imbuhnya.

 

12 desa itu menurut data yang dihimpun LPBINU Lumajang adalah Desa Wotgalih di Kecamatan Yosowilangun, Desa Jatimulyo, Pandanarum dan Pandanwangi di Kecamatan Tempeh. Desa Selok Anyar, Selok Awar-awar, Bagu, Bades, Gondoruso di Kecamatan Pasirian. Desa Jugosari di Kecamatan Candipuro. Dan Desa Bulukrejo, Tegalrejo di Kecamatan Tempursari.


Tapal Kuda Terbaru