• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 14 April 2024

Tapal Kuda

Ketua NU Pasuruan: Peresmian NUmbasmart Tanda Kebangkitan Nahdlatut Tujjar

Ketua NU Pasuruan: Peresmian NUmbasmart Tanda Kebangkitan Nahdlatut Tujjar
Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan KH Imron Mutamkkin pada acara grand opening NUmbasmat. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)
Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan KH Imron Mutamkkin pada acara grand opening NUmbasmat. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan KH Imron Mutamkkin mengatakan bahwa peresmian NUmbasmart merupakan tanda kebangkitan Nahdlatut Tujjar zaman Hadratussyeikh KH M Hasyim Asy'ari.

 

"Dalam sejarah NU yang awal didirikan adalah lembaga perekonomian atau Nahdlatut Tujjar, kemudian Tasywirul Afkar, Syubbanul Waton dan Sarikat Dagang Islam," katanya pada saat peresmian NUmbasmart Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, Ahad (13/08/2023).

 

Menurutnya, NU saat ini fokus membangkitkan kembali bidang ekonomi sebagai mana yang dilakukan oleh KH M Hasyim Asy'ari. 

 

"Kita dari PCNU Kabupaten Pasuruan akan memaksimalkan bidang garap yang difokuskan oleh PBNU di antaranya membuat toko ritel NUmbasmart oleh LPNU di setiap MWCNU," ujarnya.

 

Dirinya menambahkan bahwasanya setiap ranting harus memiliki 10 produk UMKM dari warga NU tujuannya agar ke depan NUmbasmart bisa untuk kulakan oleh semua pedagang.

 

"Setiap ranting harus mendata masyarakat yang memiliki produk UMKM yang akan ditaruh di NUmbasmart," terangnya.

 

Lebih lanjut Gus Ipong mengungkapkan bahwasanya ini cara mengangkat ekonomi masyarakat yakni dengan mewadahi UMKM warga untuk dijual kembali dengan sistem kulakan dan sudah terverifikasi halal serta dijamin halal.

 

"Produk NUmbasmart harus terverifikasi halal dan dijamin halal," ungkapnya.

 

Dirinya berharap kepada pengurus LPNU Kabupaten Pasuruan agar bisa memfasilitasi produk-produk milik warga NU yang halal khususnya di bidang frozen food.

 

"Ke depan LPNU harus punya produk frozen food mulai dari penyembelihannya hingga pengelolaan harus dikelola LPNU," harapnya.


Tapal Kuda Terbaru