• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Tapal Kuda

1 ABAD NU

Ketua PCNU Pasuruan Pimpin Ratusan Peserta Jalan Kaki menuju Gelora Delta

Ketua PCNU Pasuruan Pimpin Ratusan Peserta Jalan Kaki menuju Gelora Delta
Ada ratusan peserta jalan kaki dan kirab yang dipimpin Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan menuju Gelora Delta. (Foto: NOJ/Ansor Pasuruan)
Ada ratusan peserta jalan kaki dan kirab yang dipimpin Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan menuju Gelora Delta. (Foto: NOJ/Ansor Pasuruan)

Pasuruan, NU Online Jatim

Sejumlah ekspresi ditunjukkan warga Nahdlatul Ulama atau Nahdliyin pada puncak resepsi 1 abad NU di Gelora Delta Sidoarjo pada Selasa (07/02/2023) mendatang. Bahkan ada yang rela melakukan jalan kaki dan kirab menuju lokasi meski jarak yang harus ditempuh belasan kilo meter.


Hal ini seperti yang dilakukan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin. Dirinya rela memimpin kirab dan jalan kaki dari kantor NU setempat menuju Gelora Delta yang berjarak sekitar 50 kilometer.


Tidak hanya Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin juga ikut bergabung Pengasuh Pondok Pesantren Ar-Raudoh Pasuruan, KH Suadi Abu Amar, Rektor Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan Abu Amar Busthomi. Termasuk Sekretaris Pengurus Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Gus Syarofuddin Al Kuwaity. Juga ikut Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) M Nur Ali Farchan, serta perwakilan tokoh agama, pengurus lembaga, pengurus banom, dan kader muda NU lain.


Hingga berita ini ditulis, setidaknya ada 200 lebih peserta yang akan bergabung di aksi ini. Mereka dikoordinir sedemikian rupa baik selama perjalanan hingga pulang.


"Dua ratus lebih peserta jalan kaki start dari kantor PCNU Kabupaten Pasuruan. Kemudian ada kader PCNU Bangil yang akan bergabung dengan menunggu di Alun-alun Bangil," kata koordinator napak tilas dan kirab, Ustadz Mukhamad Ghufron, kepada NU Online Jatim, Sabtu (04/02/2023).


Pria yang juga Wakil Sekretaris PCNU Kabupaten Pasuruan tersebut kemudian menjelaskan teknis pelaksanaan napak tilas dan kirab kader menuju lokasi puncak resepsi 1 abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.


“Rute napak tilas dan kirab adalah dari halaman PCNU Kabupaten Pasuruan menuju Desa Pleret,” kata mantan Sekretaris Jam'iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kabupaten Pasuruan itu.


Perjalanan dilanjutkan menuju perempatan Kebonagung, Kota Pasuruan. Berikutnya melewati Jalan Panglima Sudirman, Jalan Erlangga, Jalan Raden Patah, Jalan Kiai Sepuh, Persimpangan Gadingrejo, dan Jalan Ahmad Yani yakni jalan Surabaya Pasuruan.


"Kemudian ke arah Kecamatan Gempol. Lalu melewati Kecamatan Porong, Kecamatan Tanggulangin, Kecamatan Candi, Pasar Larangan, Jalan Diporegoro, dan Jalan Pahlawan, hingga berakhir di Parkir Timur Gelora Delta Sidoarjo," urainya.


Dirinya menambahkan, terdapat 4 pit stop untuk istirahat peserta kirab. Tempat istirahat pertama di Masjid Gus Dur, Kecamatan Kraton. Kemudian di Sentra Produk Unggulan atau Bangkodir, Kecamatan Bangil.


"Pit stop ketiga direncanakan di masjid di daerah Kecamatan Porong, Sidoarjo. Terakhir, pit stop di Pos 5 PCNU Kabupaten Pasuruan di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama atau MWCNU Candi Sidoarjo," terang dia.


Cak Ghufron juga mengingatkan, agar seluruh peserta kirab nantinya untuk disiplin dalam mematuhi peraturan panitia. Yakni dengan menjaga ketertiban di jalan raya sehingga tidak mengganggu lalu lintas.


"Kebutuhan konsumsi hingga jaminan kesehatan sudah kami siapkan. Dan untuk pulang sudah disiapkan 5 bus,” tandasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru