• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Tapal Kuda

Khidmat Ansor di Pasuruan Lakukan Gerakan Bersih-bersih Pantai

Khidmat Ansor di Pasuruan Lakukan Gerakan Bersih-bersih Pantai
PAC GP Ansor Gadingrejo, Kota Pasuruan saat melakukan bersih-bersih pantai. (Foto: NOJ/ Winda Badiatul Jamilah)
PAC GP Ansor Gadingrejo, Kota Pasuruan saat melakukan bersih-bersih pantai. (Foto: NOJ/ Winda Badiatul Jamilah)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Gadingrejo mengadakan gerakan 'Bersih-bersih Pantai', Kamis (10/03/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Pesisir Utara Wilayah Kelurahan/Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.


Sekertaris PAC GP Ansor Gadingrejo, Muchamad Syaifudin menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut guna membersihkan sampah sekitar pesisir agar terlihat bersih dan menarik untuk dikunjungi.


"Kegiatan ini dilakukan untuk menyediakan sarana refreshing yang bersih, serta sebagai salah satu bentuk kecintaan kita terhadap alam ciptaan Allah SWT," ujarnya.


Menurut Syaifudin, pantai yang bersih akan menarik biota laut untuk merapat ke pesisir pantai. Terbukti, beberapa hewan laut seperti kepiting tapal kuda atau familiar dengan ‘Mimi’ oleh warga sekitar merapat ke pesisir dan menarik perhatian pengunjung.


"Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar meskipun banyak sampah yang terpendam oleh pasir sehingga harus pakai alat garpu pertanian untuk mengambilnya," kata Syaifudin


Dirinya menyebutkan, kegiatan bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu bentuk pengamalan pedoman hidup, yaitu merawat dan melestarikan alam sekitar. Ia berharap, kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan dan tidak hanya dilakukan satu atau dua kali saja.


“Saya harap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan saat ini saja, sehingga pantai bersih dari sampah dan enak dipandang,” imbuhnya.


Sementara Ketua Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor Kelurahan Gadingrejo, Amin Machfirdaus KW mengatakan, manfaat dari kegiatan ini ialah warga sekitar menjadi sadar dan tergugah untuk selalu menjaga kebersihan pantai.


“Yakni dengan tidak membuang sampah sembarangan, sehingga ekosistem laut menjadi terjaga,” katanya.


Ia menyebutkan, kegiatan tersebut dilakukan sejak pagi dengan masing-masing orang berbekal kantong kresek ukuran besar untuk tempat sampah. Selanjutnya, sampah yang telah dikumpulkan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).


“Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 05.30 WIB ini berakhir pukul 09.00 WIB, serta dipungkasi dengan mayoran atau makan bersama,” pungkasnya.
 


Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh PAC GP Ansor Kecamatan Gadingrejo, PR GP Ansor dan Karang Taruna Kelurahan Gadingrejo, serta elemen masyarakat sekitar.


Tapal Kuda Terbaru