• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Tapal Kuda

Lagi, Tiga Siswa SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong Torehkan Prestasi Tingkat Nasional

Lagi, Tiga Siswa SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong Torehkan Prestasi Tingkat Nasional
Saat ketiga siswa-siswi menerima hadiah. (Foto: NOJ/Haliza)
Saat ketiga siswa-siswi menerima hadiah. (Foto: NOJ/Haliza)

Probolinggo, NU Online Jatim

Tiga siswa SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong kembali menorehkan prestasi di ajang Gebyar Brawijaya Qur'ani IX 2022 Tingkat Nasional di Malang. Mereka adalah Mas Ayu Kusuma Heni, Putri Eka Ayu, dan Dwiky Adinata. Semuanya dari kelas XII SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong.

 

Lomba yang mereka ikuti adalah Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah Al Qur'an. Dalam ajang tersebut mereka mengambil judul Inhibitor Organik Ekstrak Daun Bambu dan Kulit Jeruk Pada Pisau Baja Karbon Implementasi QS. Al Hadid/57:25 dan QS. Al Ra'd/ 13:3.

 

Mekanisme pendaftaran mereka lalui dari tahap melengkap data kelompok, melakukan pembayaran, kemudian melakukan konfirmasi pendaftaran. Hingga akhirnya masuk nominasi 10 besar, dan di lombakan secara offline di Malang.

 

Putri Eka Ayu selaku perwakilan dari kelompok tersebut mengatakan bahwa salah satu tujuan mereka ikut lomba adalah untuk mengasah skill, khususnya dalam bidang tulisan non fiksi dan public speaking.

 

Tsaniyatur Rizqi Nurul Laily selaku mengatakan "Harapan saya kepada peserta didik adalah agar mereka dapat terus mengembangkan dan menggali potensinya dengan prestasi Nasional maupun Internasional.

 

Menurut Tsaniyatur Rizqi Nurul Laily, Pembina Lomba SMA Unggulan Zainul Hasan Genggong output dari lomba ini dapat dijadikan acuan pembelajaran bahwasanya Al Qur'an dan sains sangat menarik untuk dipelajari.

 

"Seperti contohnya yang dilakukan oleh tiga siswa-siswi ini yang meneliti pemanfaatan daun bambu dan kulit jeruk untuk mengatasi korosi pada baja," terangnya.

 

Ia berharap peserta didiknya dapat terus mengembangkan dan menggali potensinya dengan prestasi nasional maupun internasional.

 

Serta tidak lupa selalu bersyukur karena kesuksesan yang diraih tidak lain semata-mata karena Allah," harapnya kepada NU Online Jatim, Rabu (05/10/22)

 

Di sisi lain, M Inzah selaku kepala sekolah SMAU Zainul Hasan Genggong turut bersyukur atas torehan prestasi dari siswanya itu.

 

"Alhamdulillah tak henti-hentinya kami sangat bersyukur atas perolehan prestasi peserta didik kami. Tak lain hal ini juga merupakan barokah dari Kiai Hasan Genggong," ungkapnya kepada NU Online Jatim.


Tapal Kuda Terbaru