• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Tapal Kuda

LKNU Pasuruan Miliki Program Konsultasi Kesehatan Online

LKNU Pasuruan Miliki Program Konsultasi Kesehatan Online
Flyer informasi NUDOK oleh PC LKNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/ Diana)
Flyer informasi NUDOK oleh PC LKNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/ Diana)

Pasuruan, NU Online Jatim

Peduli kesehatan masyarakat, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kota Pasuruan gagas program NUDOK. Sampai saat ini, program yang dimaksudkan untuk memberikan pelayanan dan konsultasi kesehatan secara online ini memiliki dua tenaga kesehatan tetap.


Ketua PC LKNU Kota Pasuruan, Muhammad Yasin menyampaikan bahwa dalam praktiknya NUDOK bekerja sama dengan sebuah unit kerja milik Dinas Kesahatan (Dinkes) yakni Public Service Center (PSC).


Sehingga, NUDOK tidak hanya memberikan pelayanan kedaruratan saja, melainkan juga menyediakan fasilitas transportasi berupa ambulance untuk mengantarkan pasien ke Rumah Sakit (RS), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), atau klinik-klinik kesehatan lainnya apabila dibutuhkan rujukan.


“Di Kota Pasuruan sudah ada PSC dan sebagian anggotanya merupakan kader-kader NU. Jadi bukan hanya melayani konsultasi darurat saja, tapi juga ada ambulance yang pelayanannya itu 24 jam,” jelas Yasin, Jumat (02/09/2022).


Yasin menambahkan, PC LKNU Kota Pasuruan memiliki keinginan untuk membangun fasilitas kesehatan. Akan tetapi, minimnya anggaran serta tenaga kesehatan khusunya dokter menjadi penyebab utama hal tersebut belum dapat direalisasikan.


​​​​NUDOK justru muncul karena keterbatasan-keterbatasan tersebut. Diceritakan Yasin, sebelumnya, ia bersama pengurus PC LKNU Kota Pasuruan lainnya berpikir alternatif apa yang harus dilakukan agar tetap bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selain membangun fasilitas kesehatan. NUDOK inilah buah inovasi dari hal tersebut.


“Alternatif akhirnya pelayanan secara online dari pada tidak sama sekali. Diarahkan warga ini ada keluhan seperti apa dan harus bagaimana. Mereka menghubungi dan bertanya kemudian dokter menjawab,” tambahnya.


Ia menyebut, fasilitas kesehatan gratis yang ada di Kota Pasuruan telah memiliki pelayanan baik serta terbilang cukup banyak. Pertimbangan ini pula yang menjadi alasan pelayanan online dirasa efektif.


“Faskes merupakan tanggung jawab pemerintah, kami sebagai lembaga hanya bertugas membantu pemerintah. NUDOK ini tidak sampai menghabiskan anggaran, jadi lewat online ini peluangnya kita ambil,” tegas Yasin.


Untuk diketahui, masyarakat Kota Pasuruan yang ingin berkonsultasi kesehatan dapat menghubungi dua nomer berikut 085258844786 (dr Rika) dan 081334000093 (dr Fahmi).


Editor:

Tapal Kuda Terbaru