• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Tapal Kuda

LPBINU Situbondo Gelar Seleksi Satgas Penanggulangan Bencana

LPBINU Situbondo Gelar Seleksi Satgas Penanggulangan Bencana
Pembukaan Seleksi Calon Satgas Penanggulangan Bencana Kabupaten Situbondo. (Foto : NOJ/istimewa)
Pembukaan Seleksi Calon Satgas Penanggulangan Bencana Kabupaten Situbondo. (Foto : NOJ/istimewa)

Situbondo, NU Online Jatim 

Pengurus Cabang Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Situbondo melaksanakan seleksi Calon Satuan Gugus Tugas (Satgas) penanggulangan bencana. Kegiatan ini bertempat di Gedung Eks Karesidenan Besuki Convention Hall Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, A had(27/11/2022).

 

Kholis selaku ketua panitia pelaksana kegiatan mengatakan kegiatan ini diadakan mengingat potensi bencana di Jawa Timur sedang tinggi.

 

"Kegiatan ini kami adakan karena saat ini intensitas bencana di Jawa timur cukup tinggi, tidak menutup kemungkinan bencana itu juga akan ada di sini (Kabupaten Situbondo). Guna mempersiapkan itu semua, kami mengadakan perekrutan satgas penanggulangan bencana di bawah naungan LPBINU," katanya.

 

Kholis juga mengatakan antusiasme Nahdliyin di wilayah barat Situbondo sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan seleksi satgas penanggulangan bencana ini.

 

"Sebanyak 60 peserta yang diseleksi sebagai calon satgas ini menunjukkan antusiasme kemanusiaan yang cukup besar. Peserta terdiri atas utusan ranting di lingkungan MWCNU Besuki, Jatibanting, Suboh, Widoropayung, Sumber Malang, Mlandingan, Banyugelugur," ujarnya.

 

Ia menerangkan jika kegiatan serupa akan diadakan di beberapa titik yang mengcakup dari ujung barat hingga ujung timur Kabupaten Situbondo.

 

"Seleksi calon peserta satgas penanggulangan bencana ini akan digelar tiga titik di antaranya zona barat, tengah, dan timur Kabupaten Situbondo. Dan ini merupakan perdana dilaksanakan di zona barat selanjutnya bergilir ke beberapa titik," terangnya.

 

Sementara itu, di tempat yang sama Heri Setiawan Ketua LPBINU setempat mengatakan jika lembaganya bertanggung jawab untuk mengedukasi dan membentuk tim relawan atau satgas kebencanaan kepada kader-kader NU.

 

"Sudah kewajiban kami untuk memberikan edukasi, pelatihan serta perekrutan Nahdliyin untuk menjadi satgas penaggulangan bencana. Agar banyak orang yang perhatian kepada saudara kita yang terkena bencana," ujarnya .

 

Turut andil dalam kegiatan ini Lembaga Amil Zakat dan Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Situbondo.


Tapal Kuda Terbaru