• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Tapal Kuda

Mahasiswa IAI Syarifuddin Lumajang Bantu Program Kampung Zakat Ranuyoso

Mahasiswa IAI Syarifuddin Lumajang Bantu Program Kampung Zakat Ranuyoso
Pertemuan Camat Ranuyoso, Mahasiswa, dan Rektor IAI Syarifuddin. (Foto: NOJ/Imam)
Pertemuan Camat Ranuyoso, Mahasiswa, dan Rektor IAI Syarifuddin. (Foto: NOJ/Imam)

Lumajang, NU Online Jatim

Camat Ranuyoso, Lumajang Endhi Setyo Arifianto bersama mahasiswa dan wakil rektor Institut Agama Islam (IAI) Syarifuddin Wonorejo Lumajang mengadakan acara penarikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Balai Kecamatan Ranuyoso pada Jum’at (03/12/2021).

 

Dalam acara ini Donny sapaan akrab Camat Ranuyoso menyampaikan sambutannya bahwa mahasiswa KKN yang ditempatkan di 11 desa se-Kecamatan Ranuyoso telah selesai melakukan tugasnya dengan baik selama 40 hari. Dan dalam kesempatan tersebut dirinya juga menjelaskan bahwa mahasiswa KKN tersebut juga membantu berdirinya Kampung Zakat.

 

“Hari ini ada kegiatan penarikan KKN IAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang mereka sudah melakukan KKN di Ranuyoso selama 40 Hari. Selama 40 Hari mereka melakukan Partisipation Action Research (PAR). Dan kami sangat senang dengan adanya mahasiswa bisa turut serta dalam program Kampung Alun-alun yang dijadikan Kampung Zakat,” katanya.

 

Ia berharap dengan adanya Kampung Zakat ini forum-forum atau lembaga zakat di Lumajang bisa berkesinambungan.

 

“Sehingga tidak ada tumpang tindih terhadap pemberian zakat kepada masyarakat tidak mampu,” harapnya.

 

Desa Alun-alun dipilih sebagai Kampung Zakat karena merupakan desa yang berada di ujung perbatasan Lumajang dengan Probolinggo serta akses jalan sulit dan banyak anak yatim dan kaum dluafa di daerah tersebut.

 

“Ini yang menjadikan Desa Alun-Alun dipilih sebagai pilot project," pungkasnya.

 

Editor: Risma Savhira


Tapal Kuda Terbaru