• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Tapal Kuda

Momentum Tahun Baru Islam, BMT NU Jatim Buka Cabang Baru di Situbondo

Momentum Tahun Baru Islam, BMT NU Jatim Buka Cabang Baru di Situbondo
Kantor Cabang BMT NU Kecamatan Kota, Situbondo yang baru diresmikan. (Foto: NOJ/Firdausi).
Kantor Cabang BMT NU Kecamatan Kota, Situbondo yang baru diresmikan. (Foto: NOJ/Firdausi).

Situbondo, NU Online Jatim

Pada momentum Tahun Baru 1443 Hijriah, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah Baitul Mal wat Tamwil Nuansa Umat (BMT NU) Jawa Timur meresmikan kantor cabang baru di Kabupaten Situbondo, Selasa (10/8/2021).

 

Direktur Utama BMT NU Jatim, H Masyudi Kanzillah mengatakan, bahwa kantor cabang yang terletak di Kecamatan Kota tersebut merupakan cabang ke-74, setelah bulan lalu meresmikan kantor cabang baru di Kabupaten Bangkalan.

 

“Di Situbondo sendiri, ini merupakan kantor cabang ke-12 yang telah resmi berdiri. Dan, insyaallah bulan depan kami akan meresmikan lagi kantor cabang baru di Banyuputih, Situbondo,” ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Menurut Masyudi, kantor cabang Kecamatan Kota tersebut akan dikelola enam  orang. Sedang kepala cabangnya ialah Anis Zayyadi. “Kami memilik Anis Zayyadi sebagai kepala cabang karena ia sudah berpengalaman, yakni selama tiga tahun mengelola BMT NU Cabang Mangaran, Situbondo,” jelasnya.

 

Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo tersebut menyampaikan, bahwa pihaknya memberikan kesempatan kepada seluruh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) untuk membuka cabang.

 

“Demi tercapainya kemandirian ekonomi jamiyah dan jamaah, kami membuka kesempatan kepada seluruh MWCNU untuk membuka cabang di daerahnya. Di Situbondo saat ini tinggal tiga MWCNU yang belum memiliki kantor cabang BMT NU,” tuturnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Situbondo Hj Khoirani mengatakan, dengan kehadiran BMT NU ini diharapkan kondisi perekonomian masyarakat dapat pulih, setelah sekian lama terkatung-katung sebab pandemi.

 

“Semoga kehadirannya (BMT NU) ini bisa membawa keberkahan dan kebermanfaatan untuk umat,” ungkapnya.

 

Seperti biasa, sebelum peresmian kantor cabang, terlebih dahulu BMT NU menyantuni 20 anak yatim, dengan pendanaan yang bersumber dari dana sosial. Tidak hanya itu, sebelum pemotongan pita, BMT NU menyerahkan hadiah uang tunai senilai Rp15 juta kepada penabung pertama.

 

 

Acara yang digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Situbondo, Forum Komuniasi Pimpinan Daerah, dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru