• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Tapal Kuda

Musykercab Ke-2 NU Kencong Prioritaskan Tiga Hal

Musykercab Ke-2 NU Kencong Prioritaskan Tiga Hal
Ketua PCNU Kencong bersama Pimpinan Banom NU. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)
Ketua PCNU Kencong bersama Pimpinan Banom NU. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)

Jember, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kencong menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Musykercab) kedua pada Ahad (24/07/2022). Kegiatan tersebut dipusatkan di aula Kantor PCNU setempat, Jalan Wijaya Kusuma, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember.


Kegiatan ini menjadi forum evaluasi dan memprioritaskan tiga hal untuk menjadi landasan program selama dua tahun mendatang bagi PCNU Kencong.


Ketua Tanfidziyah PCNU Kencong KH Zainil Ghulam menuturkan, Musykercab ini semata-mata adalah tradisi jamiyah, perintah organisasi bahwa di PCNU minimal melaksanakan dua kali Muskercab dalam satu periode kepemimpinan.


"Maka dari itu, disisa waktu 2 tahun masa kepengurusan ini, mari lebih dioptimalkan program-program yang menjadi skala prioritas," ujar Kiai Ghulam.


Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa inti dari Musykercab yaitu untuk mengevaluasi dan mengoptimalisasikan program-program yang sudah, sedang ataupun akan berjalan. Serta merumuskan program yang akan dilaksanakan selama dua tahun ke depan.


"Mudah-mudahan Musykercab kedua kali ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan program-program terbaik untuk PCNU Kencong ke depan," terangnya.


Adapun Musykercab kali ini lebih memprioritaskan tiga hal. Pertama, penguatan organisasi dan kelembagaan. Kedua, peningkatan SDM melalui program pendidikan kaderisasi NU. Ketiga, digitalisasi dan kemandirian ekonomi.


Sementara itu, Rais Syuriyah PCNU Kencong, KH Ahmad Laiq Athoillah mengingatkan bahwa Musykercab ini merupakan bagian dari cara menyiapkan kader-kader NU agar siap menghadapi tantangan zaman.


"Jika bicara NU di Kencong ini, jamaah penduduknya adalah mayoritas dengan amaliah Nahdliyin dan bisa disatukan dengan gerakan kita," ujar Kiai Laiq.


Menurutnya, generasi muda NU harus memandang tantangan zaman yang semakin kompleks sebagai peluang untuk berinvestasi sosial-keagamaan serta melihatnya sebagai peluang untuk berbuat baik.


"Bagaimana menyambungkan amaliah-amaliah kita yang NU itu, berangkul dan berkumpul bersama dalam bingkai besar, kapal besar yang insyaallah membawa maslahat kepada kita yang bernama Nahdlatul Ulama, yang sesuai dengan sabda Rasulullah yaitu 'alaikum bil jamaah. Yang artinya kita mengikuti sunnah Rasulullah dengan berjamaah," terangnya.


Kiai Laiq berharap melalui Musykercab ini, kiprah Nahdlatul Ulama di Kencong dapat dirasakan banyak manfaatnya oleh Nahdliyin dan masyarakat pada umumnya.


Diketahui, agenda ini diawali dengan Pra-Musykercab yang berlangsung selama satu bulan sebelum kegiatan tersebut dimulai. Adapun kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus lembaga, badan khusus, dan pimpinan badan otonom NU Kencong. Acara berlangsung khidmat dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru