• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Kediri Raya

Siapkan Atlet Profesional, Mapala UNU Blitar Gelar Kompetisi Panjat Tebing

Siapkan Atlet Profesional, Mapala UNU Blitar Gelar Kompetisi Panjat Tebing
Kompetisi Panjat Tebing yang digelar Mapala Aswanapala UNU Blitar. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Kompetisi Panjat Tebing yang digelar Mapala Aswanapala UNU Blitar. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Aswanapala Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar menggelar kompetisi ‘Aswana Climbing Competition’ kategori Boulder. Kegiatan yang bekerja sama dengan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Blitar ini dipusatkan di Gedung Olah Raga (GOR) Soekarno, Kota Blitar, Sabtu (23/07/2022).


Pelatih FPTI Kota Blitar, Wisnu Susanto mengapresiasi dan menyambut baik kolaborasi kegiatan ini. Sebab menurutnya, hal tersebut merupakan inovasi dan gebrakan baru bagi dunia panjat tebing di Kota Blitar.


“Apalagi setelah terhalang pandemi Covid-19 kemarin, kegiatan ini sangat dinanti,” ungkapnya.


Ia mengatakan, adanya kompetisi ini merupakan salah satu langkah untuk mengenalkan olahraga panjat tebing, apalagi kategori boulder ini masih awam untuk Mapala dan Siswa Pecinta Alam (Sispala).


Dirinya pun berharap, melalui kegiatan ini Mapala Aswanapala UNU Blitar mampu menunjukkan kompetensinya, dengan menghadirkan atlet panjat tebing potensial dari berbagai daerah, khususnya se-Blitar Raya.


“Dengan begitu diharapkan akan lahir atlet baru yang berkompeten, sehingga dapat mewakili Kota Blitar dalam berbagai kejuaraan, baik nasional maupun internasional,” jelasnya


Ia juga menambahkan, setelah adanya kegiatan ini atlet potensial tersebut perlu dibina. Hal itu agar menjadi atlet profesional yang mampu bersaing, tidak hanya di lingkup lokal tetapi juga Internasional.


“Maka dari itu, kami berharap event seperti ini dapat dicontoh oleh Mapala yang lainnya, dan juga bisa diadakan lagi dengan jangkauan yang lebih luas,” katanya.


Sementara Ketua Pelaksana Aswana Climbing Competition, Aisa Diana Amalia menyatakan, bahwa ajang tersebut selain sebagai kompetisi juga sebagai sarana untuk mempererat persaudaraan antar Mapala dan Sispala. 


“Apalagi ini kegiatan pertama yang lingkupnya se Keresidenan Kediri, sehingga akan memperluas relasi bagi Aswanapala UNU Blitar,” ujarnya.


Ia menambahkan, bahwa adanya kegiatan ini juga sebagai salah satu pengamalan dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu memberikan kegiatan positif yang melibatkan masyarakat.


“Oleh karena itu, diharapkan kompetisi ini diadakan secara rutin setiap tahunnya,” pungkas mahasiswi semester 4 jurusan Bahasa Inggris UNU Blitar ini.


Diketahui, pembukaan kegiatan bertajuk ‘Toward Infinity and Beyond’ ini dihadiri oleh Wakil Rektor UNU Blitar Ardhi Sawindi, Pembina Aswanapala UNU Blitar Rahayu Isnin Astuti, dan Ketua FPTI Kota Blitar Hanarco. Selain itu, kompetisi ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah se Keresidenan Kediri.


Kediri Raya Terbaru