• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Tapal Kuda

Ansor Kencong Buka Bazar UMKM Sambut Satu Abad NU

Ansor Kencong Buka Bazar UMKM Sambut Satu Abad NU
Bazar UMKM oleh PC GP Ansor Kencong, Jember. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)
Bazar UMKM oleh PC GP Ansor Kencong, Jember. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)

Jember, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kencong, Jember membuka stand bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan yang terpusat di Alun-alun Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember ini merupakan serangkaian agenda untuk menyambut peringatan Satu Abad NU.


Ketua PC GP Ansor Kencong, Agus Nur Yasin mengatakan, potensi UMKM memiliki manfaat besar bagi perputaran ekonomi di akar rumput. Oleh karenanya, ia mengajak kepada masyarakat agar tidak gengsi membeli produk lokal yang dibuat oleh warga NU sendiri.


"Jika masyarakat membeli produk lokal, maka perputaran ekonomi akan terealisasi. Jika dilakukannya secara berkelanjutan, maka lambat laun perekonomian di akar rumput akan bangkit kembali dan bersaing dengan produk lainnya," ujarnya kepada NU Online Jatim, Sabtu (23/07/2022).


Dijelaskan, kegiatan bertajuk 'Bukti dan Aksi Ansor untuk Negeri' ini adalah dalam rangka menyongsong Satu abad NU. Karena Ansor harus ikut andil dan perlu aksi yang bisa membangkitkan semangat berusaha dengan adanya bazar UMKM dan dapat memberikan manfaat kepada warga.


"Kita berharap kegiatan ini dapat membangun sinergi dengan beberapa banom di PCNU Kencong yang nantinya bersama-sama berkegiatan," jelasnya.


Sementara M Fahrur Rozi yang didulat sebagai ketua panitia mengatakan, kegiatan ini digelar selama dua hari, yaitu tanggal 23-24 Juli 2022.


"Berdasarkan jadwal kegiatan, hari ini adalah Festival Paduan Suara dan Pencak Silat Pagar Nusa," kata Fahrur disela-sela kegiatan.


Disebutkan, kegiatan Festival Paduan Suara itu diikuti oleh Pimpinan Cabang (PC), Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU dan Muslimat NU se-Cabang Kencong.


"Ibu-ibu Muslimat NU dan Fatayat NU sangat antusias ikut memeriahkan festival ini meskipun tidak diperlombakan, namun kita kasih bonus doorprize bagi kelompok yang beruntung," pungkasnya.


Diketahui kegiatan ini didukung oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) Kencong, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Nur Semesta Indah Kencong, dan Bank Jatim Cabang Jember. Selain itu, BPR Jatim Cabang Jember, Dira Shoping Center Kencong, Serikat Pengusaha Laskar Sholawat (SPLS) Nusantara, serta beberapa donatur lainnya.


Tapal Kuda Terbaru