• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Tapal Kuda

Parade Santri di Pasuruan Jadi Momen Unjuk Kreativitas dan Naikkan Perekonomian

Parade Santri di Pasuruan Jadi Momen Unjuk Kreativitas dan Naikkan Perekonomian
Parade Santri Nusantara yang digelar oleh PCNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida)
Parade Santri Nusantara yang digelar oleh PCNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida)

Pasuruan, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan memeriahkan Hari Santri 2022 dengan giat Parade Santri Nusantara. Sejumlah kalangan memanfaatkan momen tersebut sebagai ajang unjuk kreativitas dan menaikkan perekonomian warga.


Ketua Panitia Hari Santri Nusantara 2022, Waladi Imaduddin Kadmi menjelaskan, titik keberangkatan berada di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah dan titik akhirnya di Gedung Olahraga (GOR) Untung Suropati Kota Pasuruan.


“Parade santri baru ada di tahun ini. Setelah parade ada banyak penampilan sebagai ajang aktualisasi para santri untuk menunjukkan bakat dan kiprahnya yang mungkin selama ini terpendam karena belum ada wadah untuk menyalurkannya,” ungkap Waladi, Rabu (26/10/2022).


Waladi menyebutkan, sedikitnya kurang lebih 3000 peserta mengikuti parade santri tersebut. Mereka merupakan santri yang bersekolah di lembaga binaan Nahdlatul Ulama se-Kota Pasuruan.


Menurutnya, peserta parade diberi kebebasan berkostum. Hal ini sebagai implementasi tersirat dari tema Islam Nusantara yang memperbolehkan adanya keberagaman asalkan tetap sesuai syariat yang ditentukan.


“Anak-anak coba diekspresikan dengan penuh keceriaan. Santri juga bisa kreatif. Jati diri kita santri, tapi tetap Islami. Jadi misi komunal juga, bahwa santri tidak hanya pandai agama,” imbuhnya.


Diresmikannya Hari Santri, lanjut Waladi, sebagai bukti bahwa pemerintah mengakui peran santri yang sesungguhnya. Santri punya andil besar dalam proses meraih kemerdekaan, sehingga sudah seharusnya ada hari khusus untuk merefleksikan sekaligus merayakan kemenangan tersebut.


Ia menambahkan, parade santri tersebut sekaligus menjadi hiburan masyarakat setelah adanya traumatik pasca pandemi. Selain itu, secara tidak langsung kegiatan ini mampu mengangkat perekonomian warga karena bisa meningkatkan penjualan para pedagang UMKM di area GOR Kota Pasuruan.


“Antusias masyarakat tinggi sekali. Saya berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan lagi tahun depan dengan rute yang lebih panjang dan kuota yang lebih banyak. Karena selain sebagai ajang kreasi, hiburan, ini juga bisa mengangkat ekonomi masyarakat,” tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru