• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 4 Oktober 2022

Tapal Kuda

Program Prioritas Nyai Shofiyah untuk Periode Ketiga Muslimat NU Kota Pasuruan

Program Prioritas Nyai Shofiyah untuk Periode Ketiga Muslimat NU Kota Pasuruan
Hj Shofiyah Kusairi, Ketua PC Muslimat NU Kota Pasuruan masa khidmat 2022-2027. Foto: istimewa
Hj Shofiyah Kusairi, Ketua PC Muslimat NU Kota Pasuruan masa khidmat 2022-2027. Foto: istimewa

Pasuruan, NU Online Jatim

Nyai Hj Shofiyah Kusairi berkomitmen membawa tiga program utama Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kota Pasuruan pada periode ketiganya kali. Nyai Shofiyah dinyatakan terpilih sebagai ketua dalam Konferensi VIII PC Muslimat NU Kota Pasuruan yang digelar Kamis (26/05/2022) lalu.


Ketiga program prioritas tersebut meliputi program dalam bidang ekonomi, pendidikan, serta kesehatan.


Nyai Shofiyah menjelaskan, program itu merupakan program lanjutan dari periode sebelumnya. Ia menilai bahwa perjalanannya sangat efektif serta membawa dampak yang cukup besar untuk warga Kota Pasuruan. Sehingga, perlu adanya keberlanjutan bahkan peningkatan ketiga program tersebut.


“Yang pertama kesehatan, ini paling penting. Karena kalau kita tidak sehat, apa-apa tidak bisa dikerjakan. Yang kedua ekonomi, Muslimat memberdayakan ekonomi-ekonomi kecil milik warga. Untuk merealisasikannya harus diperlukan banyak mitra kerja,” katanya kepada NU Online Jatim, Kamis (02/06/2022).


Ia mencontohkan salah satu kegiatan “Pasar Takjil” yang digagas Muslimat NU Kota Pasuruan selama bulan Ramadhan lalu.


Nyai Shofiyah menyebut, hal itu merupakan salah satu upaya untuk mewadahi para anggota Muslimat yang memiliki usaha-usaha kecil. Harapannya, usaha tersebut dapat semakin dikenal oleh masyarakat sehingga bisa berkembang semakin besar.


“Ketiga itu pendidikan. Pada periode sebelumnya, program kami itu dengan melakukan pembinaan pada guru-guru TK. Tahun ini akan dilanjutkan dan masih banyak juga program di bidang ini yang akan diteruskan,” terangnya.


Alumni Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang itu menjelaskan, pihaknya akan merekrut banyak anggota muda baru dengan pertimbangan kemampuan mereka dalam dunia ilmu teknologi (IT).


Menurutnya, anak muda jauh lebih tahu dan paham tentang bidang tersebut. Nyai Shofiyah menambahkan, alasan itu sebagai salah satu evaluasi yakni banyaknya anggota Muslimat pada periode sebelumnya, tetapi dirasa cukup kurang dalam mendedikasikan waktu mereka.


“Saya mau merekrut wajah-wajah baru. Syaratnya yang penting mau kerja, punya kendaraan, bisa IT, meskipun tidak ada pengalaman organisasi tidak apa-apa. Setelah konferensi kemarin, saya bersama enam tim formatur akan menyusun kepengurusan harian. Kemudian, kepengurusan harian menyusun bidang-bidang harian dan lanjut ke tahap pelantikan serta rapat kerja,” tandasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru