• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 7 Agustus 2022

Tapal Kuda

Saat Sang Cicit Nyanyikan Shalawat Ilmi Syaikhona Kholil

Saat Sang Cicit Nyanyikan Shalawat Ilmi Syaikhona Kholil
Gus Karror saat membacakan Shalawat Ilmi di Lumajang. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)
Gus Karror saat membacakan Shalawat Ilmi di Lumajang. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

KHR Karror Abdullah Schal, cicit dari Syaikhona Kholil Bangkalan, membacakan Shalawat Ilmi karya datuknya di sela-sela acara yang dihadiri A Muhaimin Iskandar di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Krai, Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Senin (21/02/2022).
 

Tokoh nyentrik dengan rambut panjang ini mengatakan dengan penuh humor, karena takdzimnya kepada para kiai, terutama gurunya sendiri, yaitu Gus Kholil Nawawi Sidogiri, dirinya siap membacakan shalawat karya Syaikhona Kholil Bangkalan dengan suka rela.
 

"Sami'na wa atha'na, jangankan baca shalawat, diperintah akad nikah pun saya siap. Saya gemetar ini sampai lupa dengan shalawatnya," gurau Gus Karror, sapaan akrabnya, disambut tawa kiai dan gus se-Lumajang dan Kencong.
 

Kemudian, dengan suara lantang serta nada merdu, Gus Karror mulai membacakan Shalawat Ilmi tersebut sebanyak tiga kali yang ditirukan oleh seluruh hadirin. Dia kemudian menutup bacaan shalawat dengan mengajak hadirin membaca Surat Alfatihah.
 

"Rabbana taqabbal minna bi asraril Faatihah," tutup Gus Karror.
 

Gus yang viral lewat video resepsi pernikahannya dengan menggandeng dua mempelai wanita tersebut menuturkan, ada dua amanat penting dari istrinya saat hendak berangkat ke Lumajang. Dia ditanya untuk acara apa pergi ke Kota Pisang.
 

"Istri saya tanya ada ningnya apa tidak, saya jawab tidak tahu, tapi kaya-nya cowok semua, akhirnya tidak jadi ikut. Saya terus bilang kalau saya pulang bawa gimana, kata istri saya, iya tidak apa-apa," kata Gus Karror yang lagi-lagi disambut tawa hadirin.


Tapal Kuda Terbaru