• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Tapal Kuda

Tahun Baru, NU Kota Pasuruan Gelar Pembacaan Shalawat Basyairul Khairats

Tahun Baru, NU Kota Pasuruan Gelar Pembacaan Shalawat Basyairul Khairats
Pembacaan istighotsah dan shalawat Basyairul Khairats di aula PCNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/Diana)
Pembacaan istighotsah dan shalawat Basyairul Khairats di aula PCNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/Diana)

Pasuruan, NU Online Jatim

Dalam rangka menyambut malam tahun baru 1443 hijriyah, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan menggelar istighotsah dan pembacaan shalawat Basyairul Khairats. 

 

Kegiatan yang berlangsung Senin (09/08/2021) malam tersebut dipusatkan di aula kantor PCNU Kota Pasuruan dan secara virtual. Tema yang diangkat yakni Kekuatan Jam`iyah dan Jamaah sebagai Solusi Problematika Keumatan.

 

Ketua PCNU Kota Pasuruan, KH Muhammad Nailurrohman (Gus Amak) berharap di malam tahun baru hijriyah diberikan kemudahan untuk mendekatkan diri kepada Allah. 

 

“Juga perlindungan dari segala marabahaya, musibah dan penyakit, serta yakin bahwa Allah tidak akan memberikan ujian di luar batas kemampuan kita,” kata cucu KH Abdul Hamid tersebut saat sambutan. 

 

Kepala Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan ini juga mengajak peserta untuk terus optimis bahwa pandemi pasti dapat dilewati dengan baik. Menurutnya, banyak hikmah yang dapat diambil di dalamnya, antara lain sebagai sarana menguatkan iman dan takwa pada Allah. 

 

“Kita berharap shalawat Basyairul Khairats dapat menjadi salah satu bacaan rutin masyarakat karena banyak keutamaan yang terkandung di dalamnya. Seperti dapat mengangkat derajat orang yang membacanya, serta mendapat kemudahan untuk mencapai apa yang dicita-citakan,” kata Gus Amak.

 

KH Abdul Halim Mas’ud saat memberikan mauidlah hasanah menjelaskan sejarah hijrah Rasulullah Muhammad SAW.

 

Muhammad Nur Mufid selaku ketua panitia menyebutkan bahwa tujuan diselenggarakannya acara ini sebagai ikhtiar keselamatan umat. Juga doa bersama agar pandemi segera usai. 


Kegiatan dihadiri secara langsung oleh jajaran syuriyah, tanfidziyah, ketua badan otonom, serta pengurus lain. Sedangkan warga NU Kota Pasuruan mengikutinya secara virtual. 


Penulis: Diana Putri Maulida
Editor: Syaifullah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru