• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Tapal Kuda

Pelajar NU Bangkitkan Budaya Literasi Bersama Pemkab Pasuruan

Pelajar NU Bangkitkan Budaya Literasi Bersama Pemkab Pasuruan
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat guna membangkitkan  budaya literasi. Kerja sama kegiatan literasi ini dilakukan dengan Bidang Perpustakaan dan Arsip Pemkab Pasuruan di Kompleks Kantor Raci, Kamis (05/08/2021).

 

Ahmad Syauqi Muabad selaku Ketua PAC IPNU Grati mengatakan, kerja sama ini dilakukan dengan tujuan  membangkitkan literasi masyarakat dan pelajar.

 

"Untuk mempermudah progam ini kita tidak bisa berjalan sendiri. Oleh karena itu, kita berkolaborasi dengan pemerintah setempat," ujar mahasiswa ITSNU-STAIS Pasuruan tersebut.

 

Lebih lanjut Amak sapaan akrabnya menjelaskan bahwa mendidik anak untuk tidak meninggalkan kegiatan literasi sangatlah penting. Karena literasi bertujuan untuk melatih berpikir kritis dan berani berpendapat.

 

"Di tengah arus teknologi seperti saat ini, membaca di smartphone saja tidak cukup. Harus diiringi dengan membaca buku dimana pun itu," imbuhnya.

 

Nanang Mujilaksono Camat Grati mengapresiasi penuh kegiatan yang dilakukan oleh PAC IPNU-IPPNU setempat. Menurutnya, rendahnya budaya membaca di  masyarakat utamanya anak muda dipengaruhi kecendrungan kepada smartphone. Sehingga membuat minim waktu untuk membaca secara tuntas.

 

"Perkembangan teknologi di satu sisi mempermudah segala hal. Namun jika kita mengandalkan teknologi yang tidak diiringi Budaya literasi kuat justru kita akan dipermainkan oleh wacana," kata Nanang.

 

Sementara Siti Asih selaku Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan berharap, kegiatan literasi ini bisa meningkatkan pengetahuan dan pemikiran masyarakat, anak-anak dan khususnya kaumnya muda.

 

"Kami berharap kegiatan literasi ini bisa menjadi acuan masyarakat, anak-anak dan khususnya muda milenial yang ada di Kabupaten Pasuruan. Karena dengan literasi kita akan mempunyai nalar yang kritis," terangnya.

 

 

Dirinya mengaku senang karena dapat bekerja sama dengan pelajar NU. "Momen berkolaborasi dengan pelajar yang kami tunggu," tutupnya.

 

Penulis: Faishol

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru