• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Tapal Kuda

Terpilih Jadi Ketua Muslimat NU Jember, Begini Rencana Program Nyai Kamila

Terpilih Jadi Ketua Muslimat NU Jember, Begini Rencana Program Nyai Kamila
Hj Kamila (tengah) Ketua terpilih PC Muslimat NU Jember. (Foto: Istimewa)
Hj Kamila (tengah) Ketua terpilih PC Muslimat NU Jember. (Foto: Istimewa)

Jember, NU Online Jatim

Nyai Hj Nurul Kamila Rosyidi terpilih menjadi ketua Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Jember masa khidmat 2022-2027. Ia terpilih dalam Konferensi Cabang (Konfercab) PC Muslimat NU Jember yang bertempat di Hotel Bandung Permai Jember pada Ahad, (29/05/2022).


Dalam pemilihan, Nyai Kamila memperoleh 68 suara, sementara tiga calon lainnya,  Ning Hj Ilut memperoleh 39 suara, Hj Emi Kusminarni  16 suara, dan Hj Musrifah Thohir mendapatkan 6 suara.


Nyai Kamila menyampaikan, dirinya sempat kaget ketika terpilih menjadi Ketua PC Muslimat NU Jember. Sebab, ia merasa tidak pantas untuk memimpin organisasi sebesar PC Muslimat NU Jember. 


"Saya sama sekali tidak pernah bermimpi apalagi berkeinginan menjdi Ketua PC Muslimat NU Jember. Tiba-tiba saya dicalonkan oleh beberapa teman pengurus anak cabang. Saya sempat kaget karena merasa tidak memiliki kapasitas yang baik. Akan tetapi, saya menerima kenyataan ini dengan ikhlas sebagai garis taqdir dari Allah SWT," ungkapnya kepada NU Online Jatim, Selasa (31/05/2022). 


Baginya, cangkupan wilah Jember yang begitu luas, amanah tersebut terkesan begitu berat. Namun ia merasa bahagia serta akan tetap semangat dan optimis dengan dilandasi niat ibadah kepada Allah SWT. 


"Muslimat NU Jember itu secara kuantitatif cukup besar dengan jangkauan wilayah kerja (Wilker), bagi saya relatif cukup luas. Tingkat pendidikan mereka beragam dari pendidikan pesantren yang tradisional hingga pendidikan klasikal dan modern di perguruan tinggi, serta era digitalisasi yang cukup massif merupakan tantangan tersendiri bagi saya di dalam mengendalikan roda organisasi. Tapi saya akan tetap semangat, insyaallah akan teratasi," kata Nyai Kamila. 


Ke depan, ia akan terus berbenah serta menjalankan beberapa program yang memang sudah ditetapkan dalam konferensi.


Untuk agenda khusus yang akan dilaksanakan ialah pemberdayaan umat di kalangan kaum perempuan. Baik di bidang pendidikan, sosial, keagamaan, kesehatan dan lain sebagainya dengan 3 pola yang akan diterapkan. 


"Di antaranya pemberdayaan umat di kalangan perempuan melalui 3 pola, yaitu menyapa, mengajak dan merangkul," jelasnya.


Menurut Nyai Kamila, tiga pola tersebut sangat baik untuk diterapkan guna membangun komunikasi, mengakomodir secara maksimal serta mengangkat semua potensi terpendam di kalangan PC Muslimat NU Jember. 


"Melalui 3 pola itu, semua potensi yang terpendam di kalangan warga muslimat NU Cabang Jember yang begitu luas dapat terakomodir secara maksimal, sehingga nantinya bisa memberikan manfaat dan maslahat dalam memberikan kontribusi kepada semuanya termasuk, kepada masyarakat Jember secara umum," jelasnya. 


Ia berharap selalu diberikan petunjuk dan kekuatan sehingga bisa amanah dalam menjalankan tugasnya. 


"Semoga saya diberikan petunjuk dan kekuatan untuk bisa amanah dalam menajalani jabatan ini," pungkasnya. 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru