• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Tapal Kuda

Usai Dikukuhkan, Banser Kencong Diminta Tetap Satu Komando

Usai Dikukuhkan, Banser Kencong Diminta Tetap Satu Komando
Prosesi apel kader dan pengukuhan Satkorcab Banser Kencong, Jember. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)
Prosesi apel kader dan pengukuhan Satkorcab Banser Kencong, Jember. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)

Jember, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kencong menggelar apel bersama dan pengukuhan Satuan Koordinator Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kencong, Ahad (24/07/2022).


Kegiatan yang dipusatkan di Alun-alun Kecamatan Kencong, Jember ini bagian serangkaian agenda bertajuk 'Bakti dan Aksi Ansor untuk Negeri'. Prosesi pengukuhan itu ditandai dengan pengucapan baiat pengurus dan penyerahan Surat Keputusan (SK) PC GP Ansor Kencong kepada Kasatkorcab Kencong.


Dalam kesempatan itu, Asrendiklat Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Banser Jatim, Misbahul Ulum menyampaikan, agar seluruh personil Banser Kencong tetap satu komando dan setia berada di garda terdepan dalam membela NKRI dan NU.


“Di organisasi kita ini terstruktur, maka khidmat kita sudah benar dan semoga dicatat sebagai amal ibadah bagi kita semua,” ujarnya saat sambutan mewakili Kepala Satuan Koordinasi Wilayah (Kasatkorwil) Banser Jatim, Gus Irsyad Yusuf.


Dirinya menyarakan, agar di setiap Pimpinan Ranting (PR) Ansor minimal memiliki satu peleton anggota Banser. Hal ini dimaksudkan agar Banser semakin masif hadir di tengah-tengah masyarakat dalam menjaga kiai dan ulama.


"Kami berharap kepada personil Banser, semoga bisa menjalankan amanat organisasi, AD/ART dan peraturan organisasi lainnya," ungkapnya.


Sementara Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Kencong, Mohammad Slamet menuturkan, Banser sebagai lembaga semi otonom Ansor siap mengawal program-program yang dicanagkan PC GP Ansor Kencong.


"Selain itu, kami seluruh anggota Banser Kencong siap mengawal dan membela para ulama, kiai, dan NKRI," tegasnya.


Secara terpisah, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kencong KH Zainil Ghulam menyampaikan selamat atas pengukuhan jajaran Satkorcab Banser Kencong.


"Selamat bertugas, semoga pengabdiannya dicatat sebagai amal saleh oleh Allah SWT dan teruslah mensyiarkan dakwah Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah di kalangan generasi muda milenial," ucapnya.


Dikatakan, Gerakan Pemuda Ansor dari masa ke masa selalu mewarnai dan selalu menjadi garda terdepan mengawal Nahdlatul Ulama (NU) dan ulama-ulama NU.


"Pengabdian Banser tidak terbantahkan lagi dari event ke event NU. Banser pasukan paling tangguh dan paling ikhlas," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru