• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Tokoh

Abdullah Azwar Anas, Kader NU yang Dilantik sebagai Menpan-RB

Abdullah Azwar Anas, Kader NU yang Dilantik sebagai Menpan-RB
Abdullah Azwar Anas. (Foto: NOJ/riaupos)
Abdullah Azwar Anas. (Foto: NOJ/riaupos)

Surabaya, NU Online Jatim

Abdullah Azwar Anas dijadwalkan akan dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) oleh Presiden RI Joko Widodo pada Rabu (07/09/2022). Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala LKPP yakni Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sejak Januari 2022.

 

Ia menggantikan jabatan MenPAN-RB yang kosong selama 68 hari dikarenakan Tjahjo Kumolo meninggal pada 1 Juli 2022 lalu.

 

Anas adalah sosok yang tidak asing dalam ranah publik. Dalam dunia NU, ia tercatat pernah menjadi Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) masa bhakti 2000-2003 setelah unggul dalam Kongres IPNU di Makassar tahun 2000. Juga pernah menjadi Ketua PW Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jatim.

 

Di dunia politik, ia pernah menjabat anggota MPR pada tahun 1997-1999. Pada tahun 2004-2009 dia kemudian menjadi anggota DPR. Dan terpilih sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode (2010-2020).

 

Anas juga memiliki berbagai prestasi saat memimpin Banyuwangi. Antara lain, pada 2018-2019 Banyuwangi ditetapkan sebagai kabupaten terinovatif oleh Kementerian Dalam Negeri. Banyuwangi juga menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang meraih nilai A dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

 

Anas juga sebagai pelopor program Rantang Kasih yang mendistribusikan makanan bergizi setiap hari secara gratis kepada warga lanjut usia dan pemberian uang saku setiap hari untuk pelajar kurang mampu. Di Banyuwangi, ia juga meluncurkan program Smart Kampung yang mendorong penggunaan teknologi dalam pelayanan publik berbasis desa.


Tokoh Terbaru