• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 24 Juni 2024

Jujugan

Ariza Library and Learning, Kafe Berkonsep Perpustakaan Dekat Masjid Al-Akbar Surabaya

Ariza Library and Learning, Kafe Berkonsep Perpustakaan Dekat Masjid Al-Akbar Surabaya
Salah satu sudut Ariza Library and Learning. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Salah satu sudut Ariza Library and Learning. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Bagi sebagian kalangan muda-mudi, ngopi merupakan rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan setiap harinya. Pilihan tempatnya pun beragam sesuai karakter masing-masing individu. Ada yang memilih kafe atau Warung Kopi (Warkop) yang kopinya enak, ada juga yang memilih tempat bagus dan enak untuk berbincang santai.

 

Kali ini, NU Online Jatim merekomendasikan tempat ngopi bagi kalian yang hobi membaca buku. Ariza Library and Learning yang beralamat di Jalan Gayungsari Barat X No 27, Surabaya, atau lebih mudahnya dari Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya ke arah timur sejauh 1 kilometer, tepat berada di selatan jalan.

 

Ariza Library and Learning adalah kafe yang dikonsep dengan perpustakaan ala modern. Tempatnya bersih, dingin dan tenang dengan diiringi rintikan air yang mengalir di tembok. Cocok buat kalian yang mengerjakan tugas kuliah sambil menikmati kopi. Tempat parkirnya masuk di area kafe dan dilengkapi CCTV sehingga membuat pengunjung tenang saat mengerjakan tugas atau membaca buku.

 

Ada berbagai macam meja lengkap dengan listrik yang bisa digunakan untuk mencharger laptop atau HP. Ada meja yang khusus untuk satu orang bagi kalian yang datang sendiri, ada pula yang melingkar dipersiapkan untuk yang ingin berdiskusi. Di Ariza Library and Learning disediakan tempat shalat berada di sisi selatan pojok, meski hanya dapat digunakan berjamaah dua orang, namun mushalanya sangat bersih.

 

Untuk kalian yang ingin merokok disediakan tempat di luar yang tidak kalah nyaman. Dinding-dinging Ariza Library and Learning dipenuhi quotes dari para tokoh bangsa seperti Ir Soekarno, Moh Hatta, Ki Hajar Dewantara dan lain-lain. Sementara untuk koleksi bukunya mulai dari buku anak-anak, novel-novel remaja, buku-buku sejarah Surabaya dan Indonesia. Adapula buku tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka dan Novel Suhita.

 

Namun untuk buku-buku keislaman dan ke-NU-an di Ariza Library and Learning tidak banyak ditemukan. Ada beberapa buku kumpulan artikel dari berbagai tokoh seperti Gus Dur, Nur Cholismajid, Din Syamsudin, Ulil Abshar Abdallah. Ariza Library and Learning buka setiap Senin sampai Sabtu pukul 12.00-20.00 WIB. 


Jujugan Terbaru